Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Presiden Jokowi : Indonesia Marak Produk Impor Ilegal, Kondisinya Sudah Meresahkan

Presiden Jokowi : Indonesia Marak Produk Impor Ilegal, Kondisinya Sudah Meresahkan

jokowi484849

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar seluruh kementerian di bawah koordinasi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian untuk melakukan langkah cepat menangani dan mengatasi praktik impor ilegal. Presiden menilai maraknya produk impor ilegal sudah sangat meresahkan.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam Rapat Terbatas tentang Perdagangan dan Impor di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (12/10).

Presiden Jokowi mengaku kalau telah menerima laporan dari berbagai asosiasi serta pelaku usaha di lapangan. Laporan terbaru adalah dari Asosiasi Pertekstilan Indonesia dan berbagai kalangan industri nasional lainnya yang menyebutkan pasar dalam negeri sudah ‘dibanjiri’ peredaran produk impor ilegal baik yang baru maupun bekas.

Ditambahkan oleh Presiden, akibat peredaran produk impor maka produksi tekstil dan produk tekstil dalam negeri mengalami penurunan mulai dari 30 sampai 60 persen.

“Ini tidak bisa dibiarkan lagi,” tutur Presiden.

Oleh karena itu, Presiden Jokowi meminta seluruh pemangku kepentingan terkait untuk segera mencari akar penyebab dari impor ilegal ini sekaligus solusi untuk mengatasinya.

“Apakah karena disparitas harga yang tinggi atau kebijakan perdagangan yang terlalu ketat, baik tarif dan non tarif atau jumlah Pelabuhan Internasional yang terlalu banyak sehingga menjadi titik rawan. Atau kurangnya pengawasan,” ungkap Presiden Jokowi.

Presiden juga menjelaskan kalau peredaran produk impor ilegal itu akan mengganggu pasar dalam negeri, merugikan keuangan negara, dan melemahkan daya saing produk sejenis buatan dalam negeri.

“Agar ada langkah-langkah yang lebih konkret. Karena hal ini juga akan memperbaiki neraca perdagangan kita,” tuturnya.

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...