Home / Berita / Nasional / Presiden Jokowi Ingin Tambah Rute Tol Laut, Ini Alasannya

Presiden Jokowi Ingin Tambah Rute Tol Laut, Ini Alasannya

presiden jokowi3456

 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan agar rute tol laut terus ditambah sehingga keterhubungan antarwilayah di Indonesia terwujud.

“Kenapa laut supaya menghubungkan antar pulau, provinsi, kabupaten, kita ingin dari Tobelo mau ke Aceh bisa, inilah Indonesia. Kalau enggak ada, kapalnya lewat apa?,” papar Presiden Jokowi ketika meresmikan lima pelabuhan kawasan Indonesia Timur di Halmahera Utara, Rabu (5/4) seperti dilansir Antara.

Ditambahkan oleh Presiden Jokowi, pada tahun lalu sudah ada tiga rute tol laut yang dilewati kapal-kapal dengan jadwal reguler dan rutin, sementara tahun ini jumlah rute akan ditambah lagi termasuk salah satunya mulai melintasi Pelabuhan Tobelo yang baru saja diresmikan.

“Sebagai negara kepulauan dengan jumlah lebih dari 17 ribu pulau, konektivitas antarpulau menjadi penting untuk mempersatukan Indonesia sebagai bangsa yang besar,” ungkap Presiden Jokowi.

“Dua per tiga wilayah Indonesia adalah air, sepertiga adalah daratan. Konsentrasi kita adalah air karena kita adalah kepulauan. Zaman dulu Majapahit besar karena memperhatikan laut, Sriwijaya juga besar karena tidak memunggungi laut,” terangnya.

Presiden Jokowi meresmikan Pelabuhan Tobelo, Pelabuhan Galela, Pelabuhan Tutu Kembong, Pelabuhan Wonreli, dan Pelabuhan Pulau Teor yang dipusatkan di Pelabuhan Tobelo di Kabupaten Halmahera Utara.

 

 

 

 

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...