Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Presiden Jokowi Kaget RI Punya 250 Galangan Kapal

Presiden Jokowi Kaget RI Punya 250 Galangan Kapal

galangan kapal

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari Minggu (21/6) ini meninjau galangan kapal PT Anggrek Hitam di Batam, Kepulauan Riau. Presiden Jokowi didampingi oleh Gubernur Kepulauan Riau Muhammad Sani, Wagub Kepulauan Riau HM Soerya Respationo, Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menko PMK Puan Maharani, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, dan Mensos Khofifah Indar Parawansa.

Dalam kunjungannya, ada yang mengagetkan Presiden Jokowi yakni sempat tak percaya bahwa Indonesia sudah punya ratusan industri galangan kapal atau pabrik pembuat kapal laut hingga 250 galangan kapal, termasuk 104 galangan ada di Batam.

“Saya juga kaget ternyata di Indonesia ada 250 industri galangan kapal dan di Batam ada 104, ini kan besar sekali,” katanya.

Mengetahui hal ini, Jokowi akan mengumpulkan dan memerintahkan kementerian/lembaga termasuk BUMN yang biasa membutuhkan kapal agar lebih mengutamakan produk kapal buatan dalam negeri. Sebab selama ini beberapa kementerian seperti pertahanan dan perhubungan rutin membutuhkan kapal setiap tahun.

“Saya akan kumpulkan dulu dan saya akan sampaikan tidak boleh lagi pesan ke luar. Ngapain wong kita di sini bisa, apa gitu loh, neraca perdangan kita semakin jebol kalau kita terus terusan kayak gitu (impor kapal),” ujar Jokowi.

Diakui olehnya, komponen lokal industri galangan kapal di dalam negeri masih 40%-50%. Namun menurutnya hal ini bukan masalah, karena setiap tahun harus ditingkatkan kandungan lokalnya hingga tinggi.

“Saya yakin kalau semua pesanan itu diberikan pada industri galangan kapal dalam negeri, saya nggak tahu mampu atau tidak tapi akan kita berikan semuanya, udah,” tuturnya.

Kemudian Jokowi cerita bagaimana dirinya sempat kagum saat berkunjung ke beberapa galangan kapal di Korea Selatan beberapa waktu lalu. Tapi, begitu melihat galangan kapal di Batam khususnya PT Anggrek Hitam, Jokowi lebih kagum. Apalagi galangan kapal ini mampu memproduksi kapal dengan bobot 17.500 DWT.

“Saya tidak ragu lagi, saya tidak ragu lagi untuk memberikan ini kepada bapak ibu dan saudara-saudara semuanya,” tutur Jokowi.

Tak ketinggalan pula, Jokowi juga berjanji akan memberikan insentif kepada pelaku industri galangan kapal dalam negeri.

“Mengenai insentif saya juga akan membicarakan apakah bisa memberikan insentif kepada industri galangan kapal dalam rangka membangun industri maritim kita,” ungkapnya.

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...