Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Presiden Jokowi Malu Lamanya Izin Usaha di RI, Sekarang diusahakan Hanya 3 Jam

Presiden Jokowi Malu Lamanya Izin Usaha di RI, Sekarang diusahakan Hanya 3 Jam

_presiden_joko_widodo_640x360_bbc

Hari Selasa (29/9) Ini Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini kembali merilis paket kebijakan ekonomi untuk menstimulus kondisi perekonomian Indonesia yang lemah, bernama September II.

Salah satu hal yang menjadi fokus adalah lamanya ijin usaha.

Presiden Jokowi sendiri mengungkapkan rasa malu soal lamanya proses perizinan usaha di Indonesia, sehingga berakibat kendala masuknya investasi di tanah air. Di ASEAN, peringkat kemudahan memulai usaha di Indonesia nomor 7.

“Waktu yang dibutuhkan untuk memulai usaha, coba dicatat ini, malu kalau kita ini, masih 52,5 hari, bandingkan dengan Singapura 2,5 hari, Malaysia 5,5 hari. Sudah pembandingnya yang dekat-dekat saja,” ungkap Jokowi saat membuka rapat terbatas dengan menteri ekonomi, di kantor Presiden, Jakarta, Selasa (29/9) seperti dilansir sebuah media online.

Sementara itu Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan bahwa rilis paket kebijakan tersebut terkait dengan pembenahan izin investasi di dalam negeri.

Menurutnya, paket kebijakan baru ini dikeluarkan lantaran dalam paket September I terlalu banyak peraturan yang diubah sehingga substansi dan dampaknya menjadi sedikit.

“Dengan paket yang jumlah peraturannya puluhan bahkan ratusan akhirnya penjelasan kita berubah menjadi angka. Yang dijelaskan Permennya berubah menjadi sekian. Jadi substansinya kurang,” tutur Darmin saat pengumuman Paket Kebijakan Ekonomi Jilid II, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (29/9).

Pengarahan Bapak Presiden, lanjut Darmin, bahwa kita tidak perlu banyak-banyak (kebijakan) sekarang, yang penting istilahnya ‘nendang’. Saya ingin menyampaikan satu yang ceritanya ‘nendang’ yaitu layanan cepat untuk investasi.

Untuk izin usaha di kawasan industri, Darmin menjelaskan prosesnya akan dipangkas dari 8 hari menjadi hanya 3 jam. Jadi, sebanyak 11 perizinan tidak diberlakukan sebagai izin, melainkan sebagai syarat.

“Setelah sejumlah izin berubah menjadi standar atau syarat, maka lamanya mengurus izin investasi di kawasan industri menjadi jauh lebih cepat, paling lama ya jangan palilng lama lah, sekitar 3 jam, 3 jam saja selesai dia bisa membangun setelah 3 jam,” papar Darmin.

Untuk merealisasikan percepatan izin tersebut, Darmin mengatakan, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) harus memiliki notaris sendiri untuk pendirian usaha si investor di kawasan industri.

“Jadi waktu 3 jam itu dia sudah selesai di dalam izin investasinya sebenarnya sudah ada, selain ingin penanaman modal, persetujuan pemesanan nama perseroan kepada Kemenkum HAM itu sudah dikerjakan langsung oleh BKPM. Kemudian akte pendirian perusahaan, kemudian pengesahan dari Kemenkum HAM sebagai badan hukum Indonesia, kemudian NPWP dia sudah akan peroleh,” jelas Darmin.

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...