Home / Berita / Nasional / Presiden Jokowi : Orang Indonesia Baru Perbaiki Diri Jika Ada Pesaing

Presiden Jokowi : Orang Indonesia Baru Perbaiki Diri Jika Ada Pesaing

presiden jokowi 33

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut kalau tipikal bangsa Indonesia baru memperbaiki diri jika ada pesaing. Presiden Jokowi mengambil contoh, dulu belum banyak orang memakai batik.

Baru saat negara tetangga mengklaim batik, orang Indonesia baru beramai-ramai mengenakan kain tradisional yang memiliki beragam motif itu.

“Sekarang saya ganti pakai tenun. Karena, kemarin saya ke NTT, kain tenun di sana dijual murah sekali, saya sedih,” ujar Presiden ketika bertemu dengan perwakilan pelaku industri jasa keuangan di Istana Negara, Jumat (15/1) seperti dilansir sebuah media online.

Tidak hanya soal batik, Presiden Jokowi juga menyebut hal serupa terjadi dengan perusahaan-perusahaan milik negara. Misalnya, bank-bank BUMN dulu pelayanannya sangat buruk. Bank sudah tutup meski baru pukul 14.00 siang.

Tetapi, kondisi itu berubah ketika bank-bank swasta mulai berdatangan ke Indonesia. Mau tak mau, bank BUMN pun memperbaiki performanya agar tak kalah saing. Saat ini, menurut Presiden Jokowi, bank BUMN bahkan sudah mampu mengalahkan bank swasta.

“Kita sering ketakutan nanti dilindas oleh asing, oleh liberalisasi. Tapi, ternyata BRI keuntungan tahun lalu Rp 24 triliun, paling gede keuntungannya,” ungkap Presiden Jokowi.

Oleh karena itu, Presiden menyebut dalam waktu dekat, pemerintah akan membuka beberapa daftar negatif investasi yang dulu dipakai untuk memproteksi pengusaha Indonesia dari dominasi asing. Namun, dia menjamin dibukanya daftar negatif investasi tak akan mematikan pengusaha dalam negeri.

 

 

 

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...