Home / Berita / Nasional / Presiden Jokowi Resmikan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Presiden Jokowi Resmikan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

presiden jokowi5569

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari Kamis (21/1) ini meresmikan dimulainya proyek kereta cepat kerja sama Indonesia-China serta Pengembangan Sentra Ekonomi Koridor Jakarta-Bandung. Acara groundbreaking itu dimulai dengan peninjauan maket kereta cepat oleh Presiden Jokowi.

Acara groundbreaking dilakukan di Perkebunan Mandalawangi Maswati, Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat ini.

Presiden Jokowi dalam sambutannya mengungkapkan bahwa proyek kereta cepat Jakarta-Bandung ini era kecepatan dimulai untuk bangsa yang menjungjung tinggi kompetitif.

“Ini era persaingan, era kompetitif, negara yang punya kompetitifnes, efisien, punya kecepatan memutuskan, dan membangun, akan menjadi pemenang dalam persaingan antar negara. Sebab itu, ini solusi atas kecepatan yang tadi saya sampaikan, karena kecepatan mobilitas barang dan orang, yang akan memenangkan kita‎,” ujarnya di Walini, Cikalong Wetan, Jawa Barat, Kamis (21/1).

Presiden Jokowi berjanji akan terus memantau proses pembangunannya, agar manfaatnya bisa dapat langsung dirasakan masyarakat sekitar, terutama yang terkena lintasan kereta cepat ini.

“Ke depan, ini akan menjadi manfaat bagi rakyat baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Jadi, saya akan terus memantau agar manfaatnya bisa langsung dirasakan,” jelas Presiden Jokowi.

Turut hadir pula dalam acara ini Menteri BUMN Rini M Soemarno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri PPN Sofyan Djalil, dan Direktur PT KAI Edi Sukmoro.

Disamping itu, tampak dihadiri Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok, Gubernur Provinsi Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Muspida Provinsi Jawa Barat, Para Direksi BUMN dan anggota Konsorsium Kereta Cepat Indonesia (KCIC).

 

 

 

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...