Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Presiden Jokowi Sudah Seharusnya Punya Juru Bicara

Presiden Jokowi Sudah Seharusnya Punya Juru Bicara

foto_jokowi_1

Belum lama ini diliris hasil survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (Kedai Kopi), ternyata sebanyak 52,7 persen responden menilai komunikasi Jokowi dengan masyarakat buruk.

Sedangkan 39,3 persen responden menyatakan komunikasi Jokowi dengan masyarakat sudah bagus dan sisanya menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.

Melihat begitu besarnya responden yang menilai komunikasi Jokowi buruk, pengamat kebijakan publik Agus Pambagyo menuturkan, sebaiknya Presiden Joko Widodo segera menunjuk juru bicara sebagai yang akan menjembatani komunikasi antara Presiden dengan rakyat.

“Juru bicara tersebut akan membantu Jokowi dengan keterbatasannya menjawab pertanyaan wartawan, sehingga tidak perlu menghadapi publik secara langsung,”ungkap Agus dalam diskusi di Jakarta, Minggu (10/5).

Jokowi ini lanjutnya,perlu jubir. Sekarang kan kalau tidak bisa jawab pertanyaan, cuma ketawa-tawa saja, ‘hehehe‘.

Agus Menjelaskan, tidak setiap saat Jokowi berkesempatan untuk berbicara di depan publik. Sementara, rakyat ingin mendengar perkembangan kebijakan pemerintah secara rutin setiap hari.

“Kalau mau ngomong langsung tidak apa-apa. Tapi perlu ada bumper-nya lah. Sehingga kalau ada salah-salah yang dihajar publik jubirnya, bukan langsung Jokowi,” tuturnya.

Perlunya seorang juru bicara untuk Presiden Jokowi sebenarnya sudah didengungkan berbagai pihak. Ketua DPR RI Setya Novanto beberapa waktu pernah menuturkan Presiden Joko Widodo untuk segera menunjuk juru bicara. Novanto menilai, juru bicara sangat penting untuk menyampaikan berbagai hal kepada publik.

“Ya, sudah saatnya presiden punya juru bicara yang profesional karena hal-hal yang disampaikan presiden ini banyak memberikan kontribusi besar bagi negara,” kata Novanto.

Dari pengamatan Novanto, Presiden Jokowi tidak bisa menyampaikan segala hal kepada publik karena turut disibukkan dengan berbagai urusan lain. Apabila berbagai isu penting disampaikan hanya melalui orang-orang lingkar istana, seperti Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto, Novanto khawatir pesan tidak sampai sesuai yang dimaksudkan oleh Presiden.

Hal senada juga disampaikan oleh pengamat politik Populi Center Nico Harjanto. “Jubir penting agar segala informasi yang datang dari istana tak simpang siur. Selain itu, presiden juga bisa fokus menjalankan tugasnya tanpa perlu menyampaikan segala informasi terbaru mengenai isu yang berkembang,”ujar Nico.

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...