Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Presiden Jokowi Tegaskan Kalau ONH 2015 Turun Sebesar 502 Dollar AS

Presiden Jokowi Tegaskan Kalau ONH 2015 Turun Sebesar 502 Dollar AS

mekkah

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui telah menandatangani Peraturan Presiden Nomor 64/2015 tentang Pembiayaan Haji 2015. Perpres tersebut merupakan payung hukum bagi Kementerian Agama untuk melakukan langkah efisiensi dan berujung pada penurunan ongkos ibadah haji.

“Kita telah berhasil, dan besaran biaya penyelenggaraan haji 2015 mengalami penurunan signifikan dibanding tahun lalu,” ungkap Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (27/5).

Dilanjutkan olehnya, penurunan ongkos ibadah haji tahun 2015 turun sebesar 502 dollar AS. Jika dibandingkan tahun lalu biaya ibadah haji mencapai 3.219 dollar AS, maka tahun ini menjadi 2.717 dollar AS.

“Penurunan ini berkat penghematan yang berhasil dilakukan, efisensi penerbangan, transportasi darat, dan melokalisir pemondokan jamaah haji di Mekkah,” jelas Presiden.

Terobosan yang dilakukan oleh Kemenag, Presiden berharap bisa diikuti semua kementerian dan lembaga lain untuk memangkas biaya operasional yang tidak perlu.

Seperti diberitakan sebelumnya, Meski ONH telah turun tapi Kemenag tidak serta melupakan bahkan mengurangi pelayanannya. Justru sebaliknya, pelayanan semakin ditingkatkan.

“Penurunan itu tidak berdampak pada penurunan kualitas pelayanan haji, bahkan pelayanan meningkat,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin.

Dijelaskan olehnya bahwa peningkatan pelayanan pertama terkait makanan bagi jemaah, yang sebelumnya tidak pernah ada. “Sekarang kita siapkan untuk 15 hari,” katanya.

Berikutnya adalah pemondokan dimana akan disentralisasi. Kalau sebelumnya tersebar di 12 titik, maka untuk tahun ini menjadi enam titik di sekitar Kota Madinah. Jaraknya sekitar satu kilometer dari Masjid Nabawi.

Pelayanan lainnya, ditambahkan olehnya, kalau pemerintah Arab Saudi berjanji memberikan fasilitas pendingin di tenda-tenda jemaah haji. Sebab, suhu di Arab Saudi diperkirakan mencapai 40 derajat celcius pada tahun ini.

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...