Home / Berita / Presiden Obama : Tidak Benar AS Terlibat dalam Kudeta Gagal Turki

Presiden Obama : Tidak Benar AS Terlibat dalam Kudeta Gagal Turki

obama

Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama membantah adanya peran Amerika Serikat (AS) dalam upaya kudeta yang gagal di Turki. Obama juga menegaskan permintaan untuk ekstradisi atas ulama Muslim yang tinggal di AS, Fethullah Gulen, bakal dilalui lewat saluran normal.

Lewat konferensi pers hari Jumat (22/7), Obama mengaku sudah menelepon Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan awal pekan ini, menyatakan bahwa AS tidak memiliki informasi awal atas upaya kudeta tersebut.

“Setiap laporan yang menyebut bahwa kami memiliki pengetahuan sebelumnya atas upaya kudeta, bahwa ada keterlibatan AS di dalamnya, kami ada apa-apa untuk mendukung penuh demokrasi Turki, itu sepenuhnya salah, benar-benar salah,” jelas Obama.

“Dia (Erdogan) perlu diyakinkan bahwa tidak hanya dia tapi semua orang di pemerintahnya, memahami bahwa laporan-laporan itu sungguh salah,” tambah Obama.

Obama menyatakan desas-desus seperti itu akan berputar terus sehingga membuat orang-orang di Turki dalam risiko dan mengancam aliansi dan kemitraan penting antara AS dan Turki. Laporan atas keterlibatan AS dalam upaya kudeta Turki juga telah dibantah awal pekan ini oleh duta besar AS untuk Turki.

 

 

 

Baca Juga

Atletico Diredam Qarabag

Baku – Atletico Madrid kembali gagal menang di matchday ketiga Liga Champions. Mereka ditahan imbang ...