Home / Berita / Dunia / Pria Ini Dituntut Penjara 32 Tahun, Penyebabnya Posting di Facebook

Pria Ini Dituntut Penjara 32 Tahun, Penyebabnya Posting di Facebook

Thailand-

 

Sejatinya media sosial khususnya Facebook dimanfaatkan untuk hal yang positif. Namun ternyata tidak sedikit yang pakai Facebook untuk melakukan tindakan negatif.

Salah seorang pria di Thailand harus menghadapi tuntutan 32 tahun penjara karena berbagi dan menyukai postingannya di Facebook.

Seperti dilansir dari The Daily Dot, Thanakorn Siripaiboon (27) ditangkap pada 8 Desember lalu untuk Facebook posting berbagi infografis yang mengkritik dugaan korupsi kediktatoran militer negara itu, Minggu (13/12).

Pemerintah Thailand mendakwa Thanakorn melakukan penghasutan, pengkhianatan, dan kejahatan siber dalam foto mengobati Raja dan berbagi dengan teman-teman 608 di pada 2 Desember.

Hukuman Siripaiboon sepertinya hampir sama dengan seorang pria Thailand yang dihukum pada bulan Agustus sampai 30 tahun penjara untuk kegiatan Facebook karena melakukan hal serupa yakni menghina monarki.

Sementara kelompok hak asasi manusia mengungkapkan Siripaiboon telah “menghilang” sejak penangkapannya. Kabarnya, Thanakornsempat ditahan di tahanan militer rahasia selama sepekan.

“Rahasia penahanan Thanakorn harus diangkat, apalagi pemerintah Thailand gagal menyelesaikan dua kematian para tahanan di sel militer,” kata Brad Adams, direktur Asia dari para Human Rights Watch.

Ditambahkan olehnya, Junta Thailand semakin mencemooh perlindungan hukum internasional dengan menahan para tahanan sipil di kamp-kamp militer.

 

 

 

Baca Juga

Ini Fatima Al Kaabi, Hijabers Penemu Robot Termuda di Uni Emirat Arab

Jakarta – Banyak hijabers yang sudah menuai ragam prestasi di usia muda. Salah satunya Fatima ...