Home / Berita / Dunia / Pria Tertua Di Dunia Baru Saja Tutup Usia

Pria Tertua Di Dunia Baru Saja Tutup Usia

Jiroemon Kimura (vemale.com)
Jiroemon Kimura (vemale.com)

Setiap ada kelahiran, pasti ada pula kematian. Hal ini sudah menjadai kodrat dari sang pencipta, sebab jika tidak begitu pastinya populasi penduduk di dunia akan menambah pesat dan tanpa adanya pengurangan. Berbicara tenatang kematian, baru saja seorang pria tertua di dunia menutup usianya di umur yang ke 116 tahun.

Pria tersebut adalah “Jiroemon Kimura” seorang warga negara asal jepang. Pria ini sendiri merupakan pria tertua yang dicatat oleh Guinness World Records, tepat pada tanggal 17 desember 2012 kakek yang akrab disapa Kimura tersebut mendapatkan gelar sebagai orang tertua di dunia setelah mengalahkan rekor sebelumnya.

Pria yang dulu sempat berprofesi sebagai pegawai post tersebut lahir pada tahun 1897, dimana ia kini sudah menutup mata untuk selamanya akibat penyakit radang paru – paru yang dideritanya. Menurut kimura sendiri, dirinya bisa memiliki usia yang panjang berkat sering terkena sinar matahari, ujarnnya saat di wawancarai oleh seorang wartawan jepang di HUT ke-155.

“Saya selalu menatap ke langit. Begitulah saya,” kata Kimura saat itu.

Kepergian Kimura membawa duka yang berarti bagi seluruh anggota keluarga, terlebih ia kini sudah memiliki 7 anak, 14 cucu, 25 cicit dan 15 canggah. Kendati demikian, pihak keluarganya tetap bersyukur karena sudah diberikan waktu yang lama untuk bersama kimura oleh sanga pencipta.

Salah satu penyebab orang jepang masih banyak yang memiliki usia di atas 100 tahunan adalah kadar oksigen di negara tersebut yang lebih bagus dari negara lainnya. Oksigen sendiri sangat menentukan kelangsungan hidup dari manusia, maka tidak heran kebanyakan orang yang tinggal di pegunungan memiliki usia yang lebih panjang. Hal tersebut disebabkan oksigen pada daerah pegunangan jauh lebih baik dari daerah perkotaan.

Baca Juga

Si Seksi Ariel Tatum Makin Serius dengan Ryuji Utomo

Hot Photo Sabtu, 28 Okt 2017 08:33 WIB  ·   Palevi – detikHOT Jakarta detikHot ...