Home / Berita / Regional / Profil Arya Bagus Kevin Mahasiswa Termuda UGM Usianya Baru 14 Tahun

Profil Arya Bagus Kevin Mahasiswa Termuda UGM Usianya Baru 14 Tahun

Arya Bagus Kevin mahasiswa termuda UGM baru 14 tahun
Arya Bagus Kevin mahasiswa termuda UGM baru 14 tahun
Pada usia 14 tahun, 6 bulan 14 hari Arya Bagus Kevin tercatat sebagai mahasiswa termuda yang diterima masuk Universitas Gadjah Mada (UGM). Dia diterima jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknis (FT) tahun akademik 2014/2015.

Arya panggilan akrabnya itu berasal dari Karanganyar, Surakarta, Jawa Tengah. Dia menempuh pendidikan terakhir di SMA 3 Solo.

“Saya masuk sekolah dasar pada usia 4 tahun,” ungkap Arya kepada wartawan seusai mengikuti acara penerimaan mahasiswa dan pembukaan Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB) 2014 di lapangan Graha Sabha Pramana (GSP), di Bulaksumur Yogyakarta, Senin (18/8/2014).

Dia bercerita saat mengikuti program akselerasi sewaktu SD, SMP dan SMA. Pada waktu di bangku SD, dia pada usia 10 tahun. Selanjutnya pada saat belajar di bangku SMP juga diselesaikan sekitar 2 tahun sehingga lulus pada usia 12 tahun. Demikian pula saat lulus SMA 3 Solo juga cepat, sehingga dalam usia 14 tahun sudah lulus SMA.

“Saya dikasih tahu orangtua bila akan ikut program akselerasi dan berjalan lancar semuanya,” kata Arya kelahiran Solo, 23 Februari 2000 itu.

Pilihan masuk kuliah di Jurusan Teknik Sipil UGM juga termotivasi oleh pekerjaan ayahnya, Aris Murtopo yang bekerja sebagai PNS di Dinas Pekerjaan Umum di Karanganyar.

“Saya memilih teknik sipil karena selama negeri ini terus membangun. Lulusan teknik sipil akan terus digunakan,” katanya.

Ketika ditanya, apa cita-citanya. Arya dengan sedikit malu dan tersenyum mengatakan pengin jadi menteri PU. “Kalau cita-cita ingin jadi menteri PU,” katanya.
Saat mengikuti upacara penerimaan mahasiswa baru dengan jaket almamater, kemeja putih dan celana panjang hitam, wajah Arya yang masih seperti anak SMP itu ketika dipanggil panitia acara untuk menuju panggung, dia sedikit canggung. Sambil berlari dia menuju dekat panggung tenda.

“Ya senang bisa masuk UGM melalui ujian tulis SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Tidak sulit saat mengerjakan soal ujian dulu. Yang paling mudah matematika,” katanya seperti dilansir dari Detik.com

Usai wawancara dengan sejumlah wartawan, Arya sempat bersalaman dengan Anies R. Baswedan yang hadir memberikan motivasi kepada mahasiswa baru. Anies juga sempat menanyakan kepadanya. Selama studi di UGM, Kevin juga harus berpisah dengan kedua orangtuanya. Dia juga telah kos tidak jauh dari kampusnya.

Baca Juga

Ketua Pengadilan Agama Kepergok di Hotel, Lagi…

“Benar-benar kembali mencoreng profesi hakim” ungkap juru bicara Komisi Yudisial (KY), Farid Wajdi (Selasa, 11/10/2016). ...