Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Program 1 Juta Rumah, Tiap Pengembang Dibatasi Garap 400 Hektar

Program 1 Juta Rumah, Tiap Pengembang Dibatasi Garap 400 Hektar

program 1 juta rumah

Pemerintah kini sedang mengerjakan program satu juta rumah. Namun ternyata, dalam program itu telah ditetapkan aturan tentang luas tanah yang diperbolehkan oleh pengembang.

“Saat ini, aturan pemerintah tentang luasan untuk satu provinsi yang dikembangkan 1 grup hanya 400 hektar,” ungkap Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimoeljono seusai pertemuan Real Estat Indonesia (REI) dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan.

Presiden, sambung dia, menjelaskan bahwa pembatasan itu ditetapkan lantaran selama ini banyak lahan dikuasai pengembang, tetapi tidak dikembangkan. Oleh karenanya, pemerintah mengaku kesulitan untuk menambahkan lahan untuk kebutuhan umum.

“Jadi, kenapa dibatasi 400 hektar, itu karena di lapangan sering dijumpai luasan yang dikuasai 20 hektar, tetapi tidak diapa-apakan,” tutur Basuki.

Sementara itu, REI mengeluhkan soal panjangnya tahapan perizinan untuk menggarap suatu lahan. Saat ini, tahap perizinan bisa 20-30 tahap. Untuk itu, Presiden Jokowi telah memutuskan, birokrasi harus dipangkas hingga menjadi 10 tahap saja.

Terkait pembangunan, untuk tahap pertama, Menteri Basuki mengutarakan bahwa 270.000 rumah akan dibangun dengan tipe 36. Harga yang dipatok pemerintah adalah Rp 120 juta-Rp 175 juta.

“Harga ini tentu kita minta ada harga maksimum yang mencakup lebih luas (dalam hal) kepemilikan dari masyarakat,” katanya.

Sedangkan Ketua Umum REI Eddy Hussy berharap agar pemerintah juga menggarap infrastruktur di lokasi program 1 juta rumah. Hal ini ditujukan agar harga jual menjadi lebih terjangkau.

“Kami harapkan pemerintah segera tentukan zona RTRW (rencana tata ruang dan wilayah) khusus untuk lahan-lahan yang akan dibangun rumah MBR (masyarakat berpenghasilan rendah) sehingga NJOP (nilai jual obyek pajak) dipatok jadi tidak ada kenaikan,” jelas Eddy.

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...