Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Program Pensiun Pekerja Swasta Akan Berlaku Mulai Juli

Program Pensiun Pekerja Swasta Akan Berlaku Mulai Juli

uang pensiun bpjs

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan direncanakan akan menjalankan program pensiun pekerja swasta mulai 1 Juli 2015. Besaran iuran yang harus disetor masih digodok. Sementara dalam waktu dekat pemerintah akan mengeluarkan PP-nya.

Menurut Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Elvyn G Masassya,”Dengan adanya program ini maka setiap pekerja swasta akan mendapat uang pensiun bulanan. Besarannya sekitar 40% dari rata-rata upah per bulan saat masih bekerja.”

Nantinya, masing-masing pekerja akan menerima jumlah pensiun yang berbeda. Meskipun berada pada kantor yang sama. Penghitungan masa kerja juga dilakukan untuk program ini.

“Tergantung berapa besar ia punya income. Jadi perhitungannya nanti begitu,” ungkap Elvyn.

Tapi, lanjut Elvyn, program ini tidak berlaku bila masa iuran pensiunnya kurang dari 15 tahun. Pekerja hanya akan diberikan akumulasi dana yang sudah disetorkan beserta pengembangannya.

Pemberian uang pensiun, hampir sama yang diberlakukan pada PNS. Pekerja nantinya akan menerima uang pensiun setelah memasuki usia 56 tahun. Ketika meninggal dunia maka pensiun akan diteruskan ke istri dan apabila istri meninggal bisa diteruskan ke anak dengan batas usia maksimal 23 tahun.

“Pekerja akan mendapatkan uang pensiun ketika umur 56 tahun, setiap bulan, sampai meninggal dunia, dilanjutkan istrinya dan anaknya sampai 23 tahun. Jadi persis seperti format pensiun PNS,” kata Elvyn.

Dilanjutkan pula olehnya, bahwa ini bukan hanya pada anak pertama. Bila satu keluarga memiliki tiga orang anak, maka sampai dengan anak ketiga juga akan mendapatkan jatah pensiun dari orang tuanya. Pemilihan usia 23 tahun adalah masa penyelesaian strata 1 (S1).

“Jadi sampai anaknya kuliah, tetap diberi pensiun,” jelas Elvyn.

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...