Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Protes Kurikulum Pendidikan yang Pro China, seorang Pelajar Taiwan Bunuh Diri

Protes Kurikulum Pendidikan yang Pro China, seorang Pelajar Taiwan Bunuh Diri

Sejumlah mahasiswa Taiwan tidur di halaman kantor Kementerian Pendidikan sebagai bentuk protes kepada Pemerintah Taiwan
Sejumlah mahasiswa Taiwan tidur di halaman kantor Kementerian Pendidikan sebagai bentuk protes kepada Pemerintah Taiwan

Keputusan Pemerintah Taiwan mengubah kurikulum pendidikan yang dianggap condong berpihak ke China memunculkan aksi protes di kalangan pelajar dan mahasiswa di negara itu. Lun Kuan-hua, 20 tahun, seorang mahasiswa yang aktif melakukan aksi protes, melanjutkan aksinya dengan bunuh diri setelah kecewa tidak ada langkah perubahan dari Pemerintah Taiwan.

Lin ditemukan tewas  di  kediamannya di New Taipei City, Jumat 31pagi. Ia meninggalkan surat yang meminta teman-temannya meneruskan perjuangannya.

Kematian Lin menggegerkan Pemerintah Taiwan yang kemudian  disusul aksi besar-besaran pelajar di negara itu yang menuntut mundurnya Menteri Pendidikan  Wu Se-hwa. Sejak kemarin aksi protes berkali-kali terjadi di depan kantor Kementerian pendidikan tersebut.

Juru bicara para demonstran Chu Chen menyebutkan kalau mereka akan  terus melakukan aksi sampai Pemerintah Taiwan mengubah kurukulum pendidikan tersebut.

“Kami tidak akan membiarkan pengobaran Lin Kuan-hua sia-sia,” ujarnya.

Sikap menteri Wu yang tidak menggubris aksi itu membuat para mahasiswa semakin geram. Mereka sempt melakukan tindakan anarkis dengan  merobohkan pagar  kantor kementerian dan melakukan aksi keributan di depan gedung itu. Mereka juga membakar sejumlah poster bergambar wajah Wu dan sejumlah buku pelajaran yang dianggap pro China.

Taiwan berpisah dari China pada 1949, namun Beijing masih menganggap negara kepulauan itu sebagai bagian dari mereka.  Pada awalnya Pemerintah Taiwan bersikeras menolak klaim China tersebut, tapi sejak Partai Nasionalis berkuasa di negara itu, mereka  justru lebih condong tunduk kepada Pemerintah China. **AP

Below Article Banner Area

Baca Juga

demo-ahok-4-november-ini-reaksi-nu-muhammadiyah

Demo Ahok 4 November, Ini Reaksi NU & Muhammadiyah

Nadlatul Ulama (NU) maupun Muhammadiyah mengaku tak bisa menolak aksi demo 4 November 2016, namun ...