Home / Berita / Nasional / Puan : Sudah Saatnya 1 Juni Menjadi Hari Besar Nasional

Puan : Sudah Saatnya 1 Juni Menjadi Hari Besar Nasional

puan-maharani-nih5_20150328_133015

Setiap tanggal 1 Juni bangsa ini memperingati hari Lahir Pancasila. Seremonial selalu berlangsung di berbagai daerah. Berkaca dari itu, keluarga Presiden Pertama RI Soekarno meminta agar tanggal lahirnya Pancasila 1 Juni ditetapkan sebagai hari besar nasional.

“Sudah saatnya pemerintah menetapkan 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila dan hari besar nasional,” ujar Puan Maharani cucu Soekarno di Blitar Jawa Timur, Senin (1/6).

Menurut Perempuan yang juga menjabat Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan ini, penetapan 1 Juni sebagai hari besar nasional akan melengkapi penetapan yang sudah dilakukan pemerintah yaitu 18 Juni sebagai Hari Konstitusi.

Puan juga menyebutkan peringatan hari lahir Pancasila tidak dimaksudkan untuk mengakui rumusan sila yang dipidatokan Presiden Soekarno.

Karena, sambungnya, sudah ada rumusan yang termuat dalam Pembukaan UUD 1945 yang final.

“Hal itu sesuai dengan pernyataan Prof Notonagoro saat pemberian gelar Doktor HC kepada Soekarno bahwa pengakuan 1 Juni sebagai lahir Pancasila bukan pada urutan,” ungkap Puan.

Oleh karenanya, Pancasila bukan hanya milik penggalinya saja tetapi milik bangsa Indonesia. Untuk itu Ia meminta agar dijaga kehormatan Presiden Soekarno dan dilaksanakan nilai-nilai Pancasila.

“Kami prihatin dengan adanya desoekarnoisme yang mencampuradukkan Soekarno sebagai pemikir dan ideolog dengan dirinya sebagai tokoh politik,” tuturnya.

Menurut Puan, pada 8 Juni 2013 Ketua MPR Taufik Kiemas meninggal, setelah beberapa waktu sebelumnya meresmikan patung Bung Karno di Ende NTT.

Bagi Puan, Taufik Kiemas telah meninggalkan ‘legacy’ program empat pilar kebangsaan karena itu kami keluarga Bung Karno dan Taufik Kiemas menyampaikan terima kasih kepada pimpinan MPR yang terus melanjutkan program itu.

Dirinya juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada MPR karena telah menetapkan lokasi peringatan hari lahir Pancasila di tempat di mana Bung Karno dimakamkan.

 

 

 

 

 

 

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...