Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Puluhan Ribu Buruh Di-PHK, Menaker Akui Belum Dapat kabar

Puluhan Ribu Buruh Di-PHK, Menaker Akui Belum Dapat kabar

buruh sepatu

Kabar kurang baik datang dari dunia ketenagakerjaan di tanah air. Ada kabar kalau terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan di enam sektor usaha. Terkait hal ini, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri mengakui dirinya belum mendengar langsung kabar PHK tersebut dan baru membacanya dari media massa cetak. Untuk itu, Ia telah mengutus jajarannya untuk mengecek.

“Tetapi begitu ada informasi PHK, saya telah meminta jajaran direktorat Pembinaan Hubungan Industrial (PHI) untuk mengecek, memfasilitasi, dan melakukan mediasi untuk menyelesaikan masalahnya. Saya berharap PHK tidak benar-benar terjadi,” ujarnya, di Jakarta.

Sementara itu, Direktur Penyelesaian Perselisihan/PHK Ditjen PHI Jamsostek Kemenaker Indonesia Sahat Sinurat mengatakan, dari pemantauan yang pihaknya lakukan di lapangan, ada enam sektor usaha yang terpaksa harus PHK tenaga kerjanya. Sektor usaha ini adalah industri tekstil, alas kaki, perusahaan pertambangan, jasa minyak dan gas, perusahaan semen, serta otomotif.

Selain PHK massal, sambung Sahat, perusahaan juga merumahkan karyawan, hingga mengurangi jam kerjanya. Itu sudah keputusan musyawarah mufakat di tingkat perusahaan.

“Pekerja yang jam kerja dikurangi pun, sebenarnya masih tetap mendapat upah,” ujar Sahat. Ia mengklaim, kebijakan itu sudah menjadi ketentuan dan dilakukan untuk menyelamatkan perusahaan. Sehingga, perusahaan terpaksa melakukan efisiensi dengan melakukan PHK karyawan.

Untuk itu, pihaknya melalui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) mengaku terus memantau perkembangan kondisi ini. Contohnya Disnaker di Kalimantan Timur (Kaltim) dan Disnaker Bandung, Jawa Barat, yang mengawasi proses PHK hingga merumahkan buruh usaha tekstil.

Agar kondisi lebih buruk tidak terjadi, pihaknya berjanji akan berkoordinasi antara pihaknya dengan dinas ketenagakerjaan yang ada di daerah.

Seperti diketahui, berdasarkan data dari Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo), disebutkan bahwa sejak Januari 2015, industri sepatu Indonesia telah melakukan PHK secara bertahap terhadap 11 ribu pekerja.

Kemudian di sektor pertambangan yang mengalami bisnis minus 2,32 persen di kuartal I 2015 telah melakukan PHK terhadap ratusan ribu pekerja.

Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) menungkapkan bahwa jumlah pekerja di sektor tambang ini sudah berkurang setengah dari total karyawan sekitar 1 juta orang.

 

 

 

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...