Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Putusan MK soal Pernikahan Beda Agama diapresiasi Menag

Putusan MK soal Pernikahan Beda Agama diapresiasi Menag

Pernikahan

Beberapa hari lalu Mahkamah Konstitusi (MK) menolak permohonan uji materi Undang Undang Nomor 1 Tahun 1974 Pasal 2 ayat (1) UU Perkawinan terkait perkawinan beda agama.

Bagi pemohon uji materi berpendapat dampak dari penolakan itu adalah adanya ketidakpastian dari pasangan-pasangan beda agama yang akan melakukan pernikahan.

Menanggapi keputusan MK, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memberikan apresiasinya.

“Kita bersyukur, itu putusan yang patut kita syukuri, karena itu mencerminkan ke-Indonesiaan kita, masyarakat kita adalah masyarakat yang religius,” ujar Menag Lukman di Jakarta, Senin.

Ditambahkan oleh Lukman, pernikahan adalah yang sakral, jadi pernikahan tidak hanya peristiwa hukum semata.

Di Indonesia, kata Lukman, masyarakatnya religius sehingga pernikahan merupakan peristiwa sakral, bahkan pernikahan adalah ibadah.

“Maka agama menjadi sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari agama itu sendiri sehingga tidak ada kemungkinan untuk bisa nikah beda agama,” imbuhnya.

Tidak diakuinya nikah beda agama, dalam pandangannya, merupakan salah satu ketentuan agama.

“Nikah itu resmi dicatat negara jika dilakukan menurut agama yang bersangkutan, itu yang dikukuhkan MK,” ungkapnya.
 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...