Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Rahasia Presiden Jokowi Soal Kereta Cepat ‘Shinkansen’

Rahasia Presiden Jokowi Soal Kereta Cepat ‘Shinkansen’

Shinkansen

Pemerintahan Presiden Joko Widodo nampaknya benar-benar memperhatikan sekali sarana transportasi buat masyarakat. Transportasi begitu sangat penting apalagi sebagai penghubung satu daerah dengan daerah lainnya. Makanya, pemerintah dibawah Kabinet Kerja ini, telah mencanangkan infrastruktur diberbagai daerah.

Salah satu sarana transportasi yang mendapat perhatian adalah adalah kereta api. Jika urusan kereta api khususnya di wilayah Jabodetabek telah diurus dengan baik, maka pemerintah telah berencana akan membangun kereta cepat sekelas ‘Shinkansen’ tahun ini.

Meski demikian, Presiden Jokowi masih merahasiakan jalur mana yang dibangun dan dilalui kereta cepat tersebut. Alasannya Jokowi,  tak mau dicibir masyarakat dan disebut hanya bicara saja.

“Nanti kalau sudah pancangnya dipasang, baru. Ini baru kita urus supaya betul-betul. Saya nanti dipikir omang-omong terus, mulai saja belum. Ya dilihat saja nanti,” kata Jokowi seperti dilansir dari situs Sekretariat Kabinet di Jakarta Kamis (30/4).

Presiden kelahiran kota Solo ini hanya meminta kepada seluruh rakyat Indonesia agar punya rasa optimisme bahwa Indonesia ini adalah negara besar, punya potensi dan kekuatan yang besar baik alam maupun rakyatnya.

“Jangan sekali-kali kita punya pandangan negatif terhadap diri kita sendiri dan mempunyai rasa pesimisme. Itu harus dibuang, mulai dibuang,” tuturnya.

Seperti diketahui sebelumnya, pemerintah lewat Kementerian Perhubungan segera melelang proyek kereta cepat sekelas ‘Shinkansen’ kepada investor swasta. Sebab pemerintah tidak ingin menggunakan APBN dalam pembangunan.

“Jadi, nanti kalau sudah siap, akan kita lelangkan (investor) mana yang paling bagus, teknologinya, tingkat kecelakaannya, target masyarakatnya akan kita buat kriterianya,” kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Hermanto Dwiatmoko seperti dilansir dari Antara, Jakarta, Rabu (15/4) beberapa waktu lalu.

Negara China dan Jepang, diakui Hermanto sudah menyatakan minatnya, namun belum ditentukan kepada siapa proyek tersebut akan diserahkan.

“Siapa saja boleh ini terbuka, mau China, Jepang silakan asal tidak membebani APBN, nanti kita lihat skenarionya berapa persen,” katanya.

Proyek ‘Shinkansen’ diperkirakan akan memakan biaya mencapai hingga Rp 56 triliun, termasuk membangun jalur kereta sepanjang 133 kilometer.

Pemerintah menginginkan proyek kereta kilat dengan kecepatan 300 kilometer per jam tersebut murni dibangun oleh swasta, namun menurut skema Jepang, pemerintah juga harus menanggung sebesar 16 persen, sisanya BUMN pelaksana kereta api cepat sebesar 74 persen dan swasta 10 persen karena sebelumnya Jepang mengusulkan dibentuknya BUMN yang khusus menangani proyek tersebut.

Seandainya proyek tersebut terealisasikan, anda pengguna kereta api hanya butuh waktu 34 menit jarak Jakarta-Bandung, sementara Jakarta-Surabaya ditempuh 2,5 jam.

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...