Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Ibu Kota / Rekor MURI akan Mencatat Pemakaian Cincin Batu Akik Betawi

Rekor MURI akan Mencatat Pemakaian Cincin Batu Akik Betawi

20150205200614batuakik

Hari Minggu (7/6) pukul 08.00 WIB, direncanakan akan ada pemecahan rekor MURI pemakaian cincin batu akik pandan khas Betawi. Rekor itu akan dilangsungkan ditengah-tengah pelaksanaan Festival Palang Pintu Kemang ke-10 di Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan. Diperkirakan ada 1.000 orang yang akan memakai cincin batu akik ini.

Menurut Darusalam, Ketua Panitia Festival Palang Pintu Kemang,”Yang berbeda dari pelaksanaan tahun lalu, kita akan ada pemecahan rekor MURI pemakaian cincin batu akik pandan khas Betawi. Batu akik ini biasa dipakai oleh orang Betawi sejak lama.”

Dijelaskan pula olehnya, batu pandan mempunyai sejarah tersendiri di masyarakat Betawi. Diantaranya sebagai penentu status dalam kemasyarakatan.

“Kalau dahulu, orang yang sudah pergi haji memakai semacam batu safir. Nah kalau orang yang belum, itulah yang pakai batu pandan,” ujarnya.

Sementara itu, hal senada juga diungkapkan Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Selatan, Ahmad Syaropi. Menurutnya,”Masyarakat Ibukota Jakarta sedang demam atau nge-tren hobi batu akik, di Festival Palang Pintu Kemang akan diramaikan pemecahan rekor batu akik Betawi. Karena di Betawi sendiri punya batu akik pandan yang bersumber dari kawasan daerah Sungai Ciliwung.”

Selain pemecahan Rekor MURI, Festival Palang Pintu Kemang yang ke-10, akan ada berbagai seni budaya ditampilkan di festival itu, seperti parade budaya dengan menggunakan pakaian yang didaur ulang serta lomba tari nusantara.

Festival Palang Pintu Kemang X yang berlangsung pada 6-7 Juni ini, juga dimeriahkan dengan 300 stand atau both yang menjual berbagai kebutuhan masyarakat dan makan serta minuman tradisional Betawi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

ahok-sindir-anies-baswedan-soal-kip

Ahok Sindir Anies Baswedan Soal KIP

“Intinya warga dididik untuk menerima hak dan ngerti keadilan buat yang lain” ungkap Ahok. Seperti ...