Home / Gaya Hidup / Kuliner / Resep Cakwe yang Renyah

Resep Cakwe yang Renyah

resep cakwe
Cakwe (inforeseps.com)

Meskipun resep cakwe ini sangat mudah, dalam membuatnya harus memiliki kesabaran ektra, karena adonan cakwe ini membutuhkan waktu untuk mengembang dan lain sebagainya. Oleh karena itu, waktu yang dibutuhkan memang tidak sebentar untuk membuat cakwe ini. Daripada kita berlama-lama dengan cerita, langsung saja kita menuju resep dan resep cakwe yang nikmat, berikut ini:

Bahan:

  • 500gr Tepung Terigu
  • 400cc Air
  • 1sdm Baking Powder
  • 2sdt Baking soda
  • 1½sdt Garam
  • Minyak secukupnya

Cara Membuatnya:

Masukkan Baking soda, garam, baking powder ke dalam satu wadah, lalu aduk ketiga bahan tersebut sampai merata. Setelah merata, tuangkan air sambil diaduk. Setelah semua bahan merata, masukkan terigu secara bertahap atau sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil diaduk. Aduk terus adonan sampai merata. Setelah bahan tersebut merata biarkan dulu sekitar 20menit. Setelah 20menit berlalu, uleni lagi adonan tersebut dan diamkan lagi sekitar 20menit lagi. Lakukan itu, berulang-ulang sekitar empat kali sampai adonan tersebut terlahak elastis dan halus. Setelah melakukan pengulangan diatas, balikkan adonan tersebut (bawah menjadi atas) lalu olesi sedikit minyak agaar adonan tetap lembap, dan diamkan lagi selama kira-kira satu jam.

Setelah satu jam terlewati, bungkus adonan tersebut menggunakan plastik bersih dan bentuk adonan tersebut menjadi kurang lebih seperti persegi panjang, lalu diamkan lagi sekitar 4jam. Dan setelah 4jam, buka plastik pembungkus tadi, lalu gulung adonan tersebut sampai berbentuk seperti persegi panjang yang memiliki lebar 6cm dan ketebalan 1½cm . Setelah terbentu Anda bisa mulai memotongnya dengan ukuran 0,75cm dengan lebar seperti tadi (6cm), setelah terpotong semua, ambil 2 potongan tersebut dan jadikan 1. Dan tekan dengan tusuk sate pada bagian tengah yang baru saja di satukan, hal ini dimaksudkan agar kedua adonan tersebut melekat menjadi satu namun masih memiliki garis ditengahnya. Lakukan itu terus sampai adonan habis.

Setelah adonan habis dibentuk dan dilekatkan, ambil 1bh adonan tarik dengan cara memegang kedua ujungnya sampai sekitar 20cm, hal ini dilakukan dengan hati-hati agar adonan tidak putus. Masukkan langsung ke minyak yang sudah di panas kan dengan api sedang, dan angkat jika sudah berwarna kecoklatan. Lakukan itu terus sampai adonan cakwe habis. Cakwe Anda sudah bisa Anda sajikan, pada umumnya bisa Anda sajikan dengan saus sambal atau dengan pelengkap lainnya dalam resep membuat cakwe yang sesuai dengan selera Anda.

Baca Juga

Setelah Baca Ini, Mungkin Kamu Bisa Makan Burger Gratis Seumur Hidup

Peraturan aneh muncul di restoran burger yang satu ini. Seperti yang diketahui jika Burger merupakan ...