Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Resmi ditutup, KAA 2015 Menghasilkan Tiga Dokumen

Resmi ditutup, KAA 2015 Menghasilkan Tiga Dokumen

penutupan kaa 2015

Pelaksanaan Konferensi Asia-Afrika yang diawali dengan Senior Official Meeting pada 19 April, akhirnya secara resmi ditutup oleh Presiden Joko Widodo pada hari Kamis (23/4).

KAA 2015 yang dihadiri oleh 21 kepala negara dan kepala pemerintahan serta delegasi dari 106 negara Asia-Afrika itu, menghasilkan Tiga Dokumen yakni Pesan Bandung 2015, Deklarasi Penguatan Kemitraan Strategis baru Asia Afrika, dan Deklarasi tentang Palestina.

Sebelum mengesahkan, Jokowi menegaskan kalau penyusunan tiga dokumen itu dilakukan secara terbuka dan inklusif. “Mencerminkan rasa kepemilikan semua pihak yang terlihat. Saya yakin konsep itu mencerminkan Dasasila Bandung,” ungkap Jokowi.

“Dengan persetujuan yang mulia, dokumen ini akan kita sahkan sebagai hasil KAA 2015. Ketiga dokumen ini saya sahkan,” ucap Jokowi kemudian memukul palu sidang sebanyak tiga kali

Sementara itu dalam pidato penutupannya, Jokowi kembali menyinggung soal semangat solidaritas bangsa-bangsa di dua kawasan itu yang menjadi tanda kebangkitan Asia-Afrika.

“Konferensi yang telah kita jalani ini merupakan salah satu forum antarpemerintah terbesar di dunia, di luar PBB, yang dihadiri oleh negara-negara Asia Afrika dan beberapa negara observer. Suara yang disampaikan dalam konferensi ini adalah suara kebangkitan bangsa-bangsa Asia Afrika. Sekali lagi, ini adalah suara-suara kebangkitan bangsa-bangsa Asia Afrika,” ungkap Jokowi di hadapan ratusan peserta KAA.

Dengan besarnya peserta KAA ini, Jokowi menegaskan, aspirasi yang dihasilkan dari konferensi tidak bisa diabaikan oleh siapa pun.
Menyangkut maraknya aksi terorisme, mantan Gubernur DKI Jakarta itu

Kita semua mengecam aksi ekstremisme dan terorisme yang mengatasnamakan agama dan mendorong dialog budaya dan agama.

Hal lain pula, semua negara Asia-Afrika sepakat meningkatkan perdagangan dan investasi sebagai mesin pendorong perekonomian. Dalam kaitan ini, sebut Jokowi, negara Asia-Afrika akan mendorong sistem perdagangan multilateral yang adil yang pro pembangunan dan inklusif, yang berkontribusi pada pertumbuhan, investasi, dan lapangan kerja, serta yang berwawasan lingkungan dan berkesinambungan.

Menyangkut Indonesia sendiri, Jokowi melakukan berbagai pertemuan bilateral dengan sejumlah negara, dimana dihasilkan sejumlah poin kerjasama penting bagi pembangunan infrastruktur dan kemaritiman Indonesia.

“Di sela-sela KTT, saya melakukan 15 pertemuan bilateral yang secara umum dalam setiap pertemuan kita membahas kerjasama yang konkret dan nyata. Dengan Tiongkok, misalnya, disepakati dan segera ditindaklanjuti target perdagangan USD 155 miliar dan ditandatangani kerjasama untuk pembangunan Jakarta-Bandung high speed rel,” tutur Jokowi.

Kemudian juga dengan Jepang disepakati pembentukan maritim forum untuk menindaklanjuti kerjasama maritim dan kerjasama investasi yang berorientasi spot.

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...