Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Revisi UU KPK Boleh Saja, Asal…

Revisi UU KPK Boleh Saja, Asal…

gedung kpk

Pemerintah yang diwakili Kementerian Hukum dan HAM berniat mengajukan revisi Undang-undang nomor 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal itu disampaikan melalui rapat Badan Legislasi DPR pada Selasa (16/6) kemarin.

Menurut Ketua DPR Setya Novanto, revisi itu tidak untuk melemahkan KPK.

“Pada prinsipnya kita tidak akan melemahkan KPK, kita sangat mendukung supremasi hukum khususnya KPK,” ujar Setya Novanto di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (17/6).

Ditambahkan olehnya, jika pemerintah sudah mengirim draf revisi UU KPK nanti, pembahasannya akan diserahkan ke Komisi III. Dirinya meyakini pembahasan di Komisi III tidak akan berujung ke pelemahan KPK.

“Jadi pada dasarnya bukan pelemahan tapi penyempurnaan,” kata Novanto.

Sebenarnya, usulan revisi UU KPK sudah mencuat sejak DPR periode lalu, tapi usulan itu menuai protes dari masyarakat‎ karena dianggap akan melemahkan fungsi KPK.

Sementara itu Plt Ketua KPK Taufiequrrachman Ruki memberi saran, revisi boleh saja dilakukan asalkan tidak malah melemahkan KPK.

“Bergantung kepada materi apa yang akan direvisi, dan yang paling penting apapun itu, substansinya tidak boleh memperlemah KPK,” ujar Ruki.

Ruki menambahkan, bila ingin melakukan revisi sebaiknya yang justru memperkuat KPK. Misalnya soal penyidik dan Komite Pengawas KPK.

“Yang mendesak untuk segera direvisi pada tahun ini adalah tentang, pemberian kewenangan KPK untuk mengangkat penyidik sendiri, di luar penyidik yang berasal dari Polri dan Kejaksaan,” ujarnya.

Dan yang kedua, sambung Ruki, adalah meningkatkan peran, fungsi, status, dan struktur penasihat KPK, menjadi Komite Pengawas KPK, yang bertugas untuk mengawasi pelaksanaan tugas KPK, menasehati dan memberi saran kepada pimpinan KPK,  memberi izin penghentian penyidikan kepada KPK, dan memeriksa pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh pimpinan KPK,” jelas Ruki.

 

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...