Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Regional / Ridwan Kamil Larang Jajaran Pemkot Bandung Terima Parcel Lebaran, Ini Alasannya

Ridwan Kamil Larang Jajaran Pemkot Bandung Terima Parcel Lebaran, Ini Alasannya

ridwan-kamil-4567

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil melarang pegawai negeri sipil (PNS) dan pejabat Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menerima gratifikasi jelang Hari Raya Idul Fitri, satu diantaranya dalam bentuk parsel lebaran.

Ridwan mengungkapkan kalau larangan penerimaan parsel tersebut sudah merupakan aturan yang ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebab termasuk barang gratifikasi. Karenanya larangan ini tentu akan diaplikasikan juga pada penyelenggara pemerintahan di Kota Bandung.

“Itu (larangan gratifikasi) sudah ketentuan KPK. Di mana ada ketentuan KPK-nya kita ikuti untuk pejabat Kota Bandung,” kata Ridwan di Masjid Agung Trans Studio Bandung, Minggu (19/6) seperti dikutip sebuah media online.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengaku kalau larangan ini sudah diimbaukannya dengan tegas kepada PNS untuk menjauhi hal yang berhubungan dengan korupsi. Termasuk melalui imbauan tertulis berupa surat edaran.

Ditambahkan olehnya, akan memberi sanksi kepada aparaturnya yang menerima gratifikasi. Sanksi yang diberikan pun sesuai dengan yang tertera dalam aturan KPK yang tertuang dalam Pasal 12B ayat (2) UU no. 31/1999 jo UU No. 20/2001.

Dalam pasal itu disebutkan ancaman hukuman bagi penerima gratifikasi ialah penjara seumur hidup atau penjara paling singkat empat tahun dan paling lama 20 tahun. Serta pidana denda paling sedikit Rp 200 juta dan paling banyak Rp 1 miliar.

Oleh karena itu, ia menyebutkan  telah memberikan kewenangan kepada Inspektorat Kota Bandung untuk mengawasi serta menindak jika terbukti ada pejabat Kota Bandung yang menerima gratifikasi terkait kedudukannya di Pemkot Bandung.

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

ketua-pengadilan-agama-kepergok-di-hotel-lagi

Ketua Pengadilan Agama Kepergok di Hotel, Lagi…

“Benar-benar kembali mencoreng profesi hakim” ungkap juru bicara Komisi Yudisial (KY), Farid Wajdi (Selasa, 11/10/2016). ...