Home / Berita / Nasional / Rieke Meminta, Pemerintah Harus Segera Naikkan Upah Pekerja Sebesar 33,5 Persen

Rieke Meminta, Pemerintah Harus Segera Naikkan Upah Pekerja Sebesar 33,5 Persen

rieke

Anggota Komisi IX DPR RI, Rieke Diah Pitaloka meminta agar pemerintah segera menaikkan upah minimum tahun depan sebesar 33,5%. Hal itu bertujuan agar masyarakat Indonesia bisa siap menghadapi kompetisi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

“Penentuan upah pada tahun ini akan dipengaruhi dengan berlangsungnya MEA pada bulan Desember dimana hal ini juga berdampak pada persaingan global baik sektor tenaga kerja maupun industri,” demikian tulis Rieke, dalam keterangan pers, Kamis (24/09).

Ditambahkan olehnya, kalau ia juga dengan tegas menolak wacana kenaikan upah setiap lima tahun sekali.

“Tentu hal ini sangat merugikan dimana nilai inflasi yang cukup besar setiap tahun. Pada saat ini saja nilai tukar rupiah sudah tergerus hingga mencapai 12,6% dan diperkirakan masih akan terus melemah hingga akhir tahun mendatang,” ungkap politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini.

Seperti diketahui di dalam UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan mengamanatkan pemerintah mengatur lebih detail pengupahan dalam regulasi yang lebih teknis.

Tapi, sejak UU Ketenagakerjaan itu diterbitkan hingga sekarang, pemerintah masih belum menerbitkan peraturan teknis tentang pengupahan. Perbedaan kepentingan menyulitkan kata sepakat antara buruh dan pengusaha dalam penentuan skala upah.

 

 

 

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...