Home / Tekno / Internet / Ringtone Nokia Berulang Tahun Ke-20, Didengar 2 Miliar Kali Sehari

Ringtone Nokia Berulang Tahun Ke-20, Didengar 2 Miliar Kali Sehari

Nokia 3310

Jika Anda satu fans Nokia, pengguna Nokia lawas, pasti familiar dengan nada derang Nokia, “Nokia Waltz”. Ringtone tersebut kini telah berusia 20 tahun. Pertama kali digunakan di ponsel Nokia tipe 2110, tahun 1994, nada dering itu resmi membahana.

Tahukah Anda, nada dering itu diperdengarkan dua miliar kali dalam sehari atau sekitar 20 ribu kali per detik. Melodi Nokia Waltz diambil dari Gran Vals yang dibuat oleh Fransisco Tarrega, seorang gitaris klasik Spanyol.

Setalah disuntikkan ke Nokia 2110, “Nokia Waltz” terus jadi ringtone standar di perangkat Nokia hingga 20 tahun. Di era itu, menawarkan melodi sebagai nada dering adalah sebuah inovasi yang brilian.

Lantas, siapa sosok yang mengubah melodi Fransisco Tarrega jadi sebuah ringtone? Adalah Thomas Dolby yang terkenal melalui hit-hitnya synthesiser pada media 80-an. Ia kemudian dirikan Beat Inc yang membesut piranti lunak synthesizer untuk polifonik virtual.

Berkat Nokia pula Dolby alami kesuksesan. Sedangkan keberhasilan ringtone tersebut karena daya tariknya. Berikut nukilan evolusi ringtone Nokia, “Nokia Waltz” dari nada dering monofonik, polifonik, hingga MP3.

Mendengar kata Nokia pasti identik dengan Finlandia. Sebuah negara kecil namun dengan perusahaan ponsel raksasa yang mendominasi dunia beberapa tahun lalu. Kini, Nokia dimiliki Microsoft. Apakah “Nokia Waltz” juga turut hilang?

Gandeng Windows Phone, Nokia besut perangkat Lumia. Namun bukan berarti mereka berhenti di kelas ponsel fitur. Jadi, nada dering itu tetap bisa dijumpai di segmen ponsel tersebut. Bila ingin bernostalgia, download saja di internet. Tak ingin ribet? Install aplikasi Zedge di Android maupun iOS.

Baca Juga

Asep Sunandar Terpilih Jadi Google Doodle Hari Ini

  Kalau anda membuka mesin pencari Google hari ini, Sabtu (3/9), bakal menemukan dua tokoh ...