Home / Olahraga / Balap / Rio Haryanto Finish ke-4 di Hasil GP2 Sirkuit Hungaroring Hungaria

Rio Haryanto Finish ke-4 di Hasil GP2 Sirkuit Hungaroring Hungaria

Rio Haryanto Finish ke-4 di Hasil GP2 Sirkuit Hungaroring Hungaria

Hasil GP2 di sirkuit Hungaroring Hungaria (25/7), Rio Haryanto mampu finis diposisi ke empat. Start dari urutan ke-7, pembalap Indonesia itu mampu menyodok ke urutan ketiga melalui persaingan sengit dengan pemimpin klasemen sementara, Stoffel Vandoorne. Sayangnya ban mobil Rio mulai kehilangan cengkraman setelah 26 lap.

Lomba kali ini bukan kompetisi yang mudah bagi Rio Haryanto. Karena kondisi trek yang sangat ramai dan di sirkuit yang sempit, Rio memilih berkendara secara aman untuk menghindari insiden. Langkah ini membuat Rio harus merelakan beberapa posisi.

Namun tidak menunggu lama, Rio berhasil menyalip Mitch Evans dari Selandia Baru di lap keenam untuk posisi kedelapan. Beberapa lap kemudian pembalap yang disupport Pertamina ini melakukan pitstop wajibnya untuk penggantian ban.

Dengan ban medium, pembalap tim Campos Racing ini berhasil keluar dari pit di depan rekan setimnya, Arthur Pic dan pesaing terdekatnya di klasemen Alexander Rossi. Ia juga hanya berjarak 6 detik di belakang Stoffel Vandoorne yang terkena penalti tambahan waktu 5 detik pada akhir balapan.

Secara teori, Rio hanya harus berada kurang dari 5 detik di belakang Vandoorne untuk ‘menyalip’ pembalap Belgia tersebut. Rio terus menjaga jarak 5 detik di belakang Vandoorne. Ia bahkan berhasil memotong jarak hingga hanya berada 2 detik di belakang Vandoorne pada 10 lap terakhir.

Saat berada di posisi ketiga, mobil mulai kehilangan grip ban. Ia menjaga posisi podiumnya hingga lap akhir. Namun aksi agresif Sergey Sirotkin di pengujung balapan, membuat Rio harus kehilangan sayap depan. Dengan kondisi mobil yang rusak, Rio akhirnya menyelesaikan balapan di urutan keempat.

Menurut Rio balapan kali ini berlangsung cukup lama. Rio yang semula mendapatkan start yang bagus, namun kehilangan beberapa posisi karena ada dua mobil yang menyerang dan memilih berkendara secara aman.

Saya sempat memimpin jalannya balapan, tetapi pembalap yang mengganti ke ban option melaju lebih cepat. Pada akhirnya saya berada di posisi ketiga hingga putaran terakhir, namun terdapat insiden di tikungan kedua terakhir yang membuat saya terpaksa finish di urutan keempat” ungkap Rio Haryanto.

Baca Juga

Klasemen Baru & Poin Rossi di MotoGP 2016

Setelah balapan di Sepang ada perubahan pada poin Rossi, Lorenzo & Marquez pada klasemen MotoGP ...