Home / Berita / Politik / Risma Kembali Tak Ada Lawan, Penantangnya dinyatakan ‘Gugur’

Risma Kembali Tak Ada Lawan, Penantangnya dinyatakan ‘Gugur’

Risma-Janji-Selesaikan-Amanah-Rakyat-Hingga-Akhir-Masa-Jabatan-696x391

Pilkada Serentak khususnya yang akan dilangsungkan di Surabaya cukup menarik. pasangan incumbent Tri Rismaharini-Whisnu Sakti Buana kembali gagal mendapatkan lawan di pilwalkot Surabaya.

Duet Rasiyo-Dhimam Abror yang diusung Partai Demokrat-PAN dinyatakan tak memenuhi syarat alias gugur. Alasannya karena mereka tidak melengkapi berkas rekomendasi dari DPP PAN dan tidak menyertakan surat keterangan tidak punya tunggakan pajak.

Untuk itu, KPU Surabaya pun kembali membuka perpanjangan pendaftaran pasangan calon untuk yang terakhir.

“Kami jeda tiga hari mulai 31 Agustus sampai 2 September. Tiga hari sosialisasi mulai 3-5 September. Dan dibuka pendaftaran lagi mulai 6 sampai 8 September,” ungkap Ketua KPU Surabaya Robiyan Arifin saat jumpa pers di kantornya, Jalan Adityawarman, Surabaya, Minggu (30/8).

Ditambahkan oleh Robiyan, pasangan calon yang sudah dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) tak diperbolehkan ikut mendaftar lagi di masa perpanjangan pendaftaran yang terkahir kali ini.

“Pasangan calon sudah tidak bisa lagi mendaftar. Tapi partai politiknya Demokrat dan PAN bisa mendaftarkan lagi, tapi dengan orang yang berbeda. Ini sesuai dengan ketentuannya,” jelas Robiyan.

Hal itu, katanya, berdasarkan Surat Edaran KPU RI Nomor 443 dan PKPU Nomor 12 Tahun 2015 pasal 89 huruf a.

“Di mana ketika ada pasangan calon yang itu tidak memenuhi syarat dan pasangannya tinggal 1, maka dibuka kembali pendaftaran,” imbuhnya.

Seperti diketahui, pendaftaran calon pasangan di Pilkada Surabaya ini pada awalnya hanya diikuti satu pasangan calon yakni Tri Rismaharini-Wisnu Sakti Buana. Sampai pendaftaran ditutup tidak ada pasangan calon yang mendaftar.

Selanjutnya, KPU membuka lagi pendaftaran selam tiga hari mulai 9-11 Agustus 2015. Pada hari terakhir, ada pasangan calon Rasiyo-Dhimam Abror yang diusung Partai Demokrat-PAN.

Akan tetapi, setelah dilakukan verifikasi dan klarifikasi, pasangan Rasiyo-Abror dinyatakan gugur karena berkas-berkasnya tidak memenuhi syarat.

 

 

 

 

 

Baca Juga

Ini Isi Puisi Fadli Zon untuk Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Dua tahun pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla, rupanya disambut oleh Wakil Ketua DPR ...