Home / Berita / Nasional / Rokok Elektrik Akan Dilarang Total

Rokok Elektrik Akan Dilarang Total

0-rokok-elektrik

Bagi Anda sebagai importir maupun penjual ataupun penikmat rokok elektronik (e-cigarette), bersiap-siap mulai dari sekarang untuk berhenti. Karena pemerintah melalui Kementerian Perdagangan serius untuk melarang penjualan dan impor rokok elektronik secara total.

Kenapa dilarang?

Alasan utama pelarangan rokok elektrik ini karena kesehatan.

Pelarangan ini sendiri aturannya tengah disiapkan, namun belum disampaikan kapan tepatnya larangan akan berlaku.

“Benar itu kita larang. Alasan ada rekomendasi masuk dari Kementerian Kesehatan, bahwa itu berbahaya untuk kesehatan. Yang tahu kajiannya di Kemenkes. Jadi yang penjualan sama sekali,” kata Menteri Perdagangan Rachmat Gobel di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (16/5).

Seperti diketahui sebelumnya, Dirjen Standardisasi Perlindungan Konsumen, Kemendag, Widodo mengatakan, akan ada satu aturan dari Kemendag yang disiapkan untuk larangan impor dan perdagangan rokok elektrik.

Larangan ini penting, karena dampak kesehatan. Karena menurut Widodo, rokok elektrik juga mengandung zat nikotin yang berbahaya bagi kesehatan.

“Masalah kesehatan ternyata ada kandungan nikotinnya juga kok,” sambungnya.

Disamping itu, rokok elektrik juga menimbulkan ketergantungan alias kecanduan. Oleh karenanya, atas rekomendasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) akan melarang total perdagangan rokok elektrik di dalam negeri.

Rokok elektrik, kata Widodo, tidak untuk membuat orang berhenti merokok. Kalau dari data dia menunjukan ada kandungan nikotinnya juga. Lalu banyak hal yang menunjukan penggunaan rokok elektrik tidak sehat. Karena ada nikotin pasti juga menimbulkan kecanduan.

 

 

 

 

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...