Home / Berita / Nasional / Rupiah Terus Melemah, Rupiah Tembus Rp. 11.200

Rupiah Terus Melemah, Rupiah Tembus Rp. 11.200

Rupiah Melemah
Rupiah Melemah

Aktual Post – Mata uang rupiah beberapa minggu belakangan ini terus melemah. Hingga siang ini rupiah di beberapa jasa penukaran uang tembus Rp. 10.900 hingga Rp. 11.200 per dollar Amerika.

Kebanyakan orang saat ini telah menjual beberapa simapanan dolar mereka untuk ditukarkan ke bentuk rupiah. Namun beberapa orang juga masih menahan hingga beberapa hari kedepan untuk melihat apakah akan naik lagi atau turun.

Sementara itu, Deputi Gubernur BI masih terus mengawasi pergerakan nilai tukar rupiah.

“Level nilai tukar yang baik tidak overvalue dan undervalue. Memang tidak mudah (menentukan) berapa besarannya,” kata Hendar sebagai Deputi Gubernur BI.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga mengatakan akan segera mengumumkan kebijakan pada Jumat mendatang untuk menangani inflasi serta angka pengangguran yang tinggi.

Menurut pantauan Aktual Post sendiri di klikbca, saat ini nilai beli untuk 1 dollar sudah mencapai Rp. 11.200. Untuk jual sendiri mencapa angka Rp. 11.600.

Hingga saat ini terjadi beberapa pernyataan yang menyebutkan penyebab inflasi ini. Pelemahan rupiah ini terjadi, pasalnya munculnya spekulasi atas keputusan pembatasan stimulus moneter di Amerika Serikat (AS) yang kemungkinan akan hadir dalam waktu dekat. Selain itu, pelemahan rupiah terjadinya akibat defisit neraca perdagangan Indonesia.

“Kenaikan dolar akan menyebabkan harga barang impor seperti pangan dan barang industri naik, sehingga inflasi akan terus meningkat. Dan jika inflasi meningkat, konsumsi masyarakat akan menurun dan pada akhirnya juga akan melemahkan kesejahteraan rakyat.” cetus ekonom dari LIPI, Latief Adam.

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...