Home / Bisnis / Rupiah Terus Melemah

Rupiah Terus Melemah

Penukaran valuta asing di kwitang jakarta
Penukaran valuta asing di kwitang jakarta. (vns)
Rupiah masih belum bisa bangkit, Pasangan USD/IDR, Senin (19/8/2013), menguat 0,99 persen menjadi 10.533 dibandingkan sehari sebelumnya.

“Rupiah melemah akibat aksi profit taking para investor di negara berkembang, termasuk Indonesia. Aksi ini dipicu kekhawatiran pasar terhadap arah kebijakan The Fed mengenai stimulus moneter dan penetapan suku bunga rendah.” Ungkap Albertus Christian, analis Monex Investindo Futures kepada Tribunews seperti dikutip Aktualpost, Selasa (20/8/2013).

Menurut Albertus, rupiah hari ini bisa menguat setelah tekanan jual akan sedikit mereda. Hitungan Albertus, pasangan USD/IDR bergerak di 10.630-10.475.

Sri Mulyani
Sri Mulyani
Sementara itu, dikutip dari laman Kompas, Senin (19/8/2013). Managing Director Bank Dunia Sri Mulyani Indrawati ikut angkat bicara soal pelemahan nilai tukar rupiah yang sudah menembus level Rp 10.500 per dollar AS.

Sri Mulyani menyebutkan, pelemahan rupiah ini dikontribusikan dari sisi eksternal dan internal. Khusus eksternal, pelemahan rupiah berasal dari pelemahan ekspor, terutama dari sisi volume.

“Kondisi pelemahan ekonomi China akan menyebabkan export driven ini tidak bisa menjadi andalan. Tapi kalau mau mengubah menjadi demand driven, tidak berarti bisa otomatis sebab ada implikasi ke neraca perdagangan yang juga berdampak ke nilai tukar,” kata Sri Mulyani saat diskusi di 2nd Congress of Indonesian Diaspora di Jakarta Convention Center, Senin (19/8/2013).

Dari sisi dalam negeri, mantan menteri keuangan ini menyarankan agar pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak dikontribusikan dari sisi konsumsi semata.

“Saat ini, investasi dalam negeri sedang melemah. Ini bukan berita yang baik. Tapi kalau mau pertumbuhan ekonomi Indonesia yang bagus, maka investasi harus ditingkatkan, khususnya investasi yang produktif dan bukan konsumtif semata,” tambahnya.

Kedua hal ini (baik dari eksternal maupun internal) harus diperbaiki oleh Pemerintah Indonesia saat ini. Sebab, bila kedua kondisi tersebut melemah, otomatis akan mengakibatkan pelemahan rupiah. (fjr/kgm)

Baca Juga

Periode I Tax Amnesty Berakhir hari ini, Dirjen Pajak: Kita akan Layani Sampai Selesai

Periode I program Pengampunan Pajak atau Tax Amnesty bakal berakhir hari Jumat (30/9) ini. Untuk ...