Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Headline / Saksi Ahli Sidang Jessica Beberkan 15 Menit Krusial di Kematian Mirna

Saksi Ahli Sidang Jessica Beberkan 15 Menit Krusial di Kematian Mirna

“Artinya mulai 16.26 kopi berada di tangan terdakwa. Kalau mengikuti persidangan berikutnya, itu tidak ada lagi yang melakukan interaksi pada kopi itu selain terdakwa” ungkap Jaksa Ardito.

Saksi Ahli Sidang Jessica Beberkan 15 Menit Krusial di Kematian Mirna

Seperti yang diketahui jika sidang Jessica telah menghadirkan ahli Toksikologi Forensik Mabes Polri, Kombes Nursamran Subandi. Nursamran mengungkap fakta menarik terkait kematian Mirna. Lantas apa hasil pengujian ulang sianida dalam es kopi vietnam?

Rupanya Nursamran bersama timnya berhasil mengungkap rentang waktu pelaku menaruh sianida dalam es kopi yang diminum Mirna. Dalam pengujian itu, Nursamran memakai acuan konsentrasi anion sianida dalam barang bukti (BB) II berupa sisa minuma es kopi vietnam dalam botol.

Ada pun konsentasi anion sianida itu sebesar 7.900 miligram (mg) per liter. Untuk mencapai jumlah itu, maka diperlukan waktu sekitar 90 jam 9 menit 36 detik. Saat itu pengukuran dilakukan pada Minggu (10/1/2016) pukul 10.30 siang.

Bila ditelusuri ke belakang dan sesuai dengan waktu pengukuran, kata Nursamran maka dapat ditentukan bahwa waktu pelaku memasukkan Natrirum Sianida ke dalam minuman kopi Mirna pada Rabu (6/1/2016), yakni pukul 16.00 lewat 39 menit lewat 36 detik.

Namun Nursamran menyebut ada standar deviasi dalam pengukuran tersebut, sehingga ia memakai rentang waktu sianida ditaruh dalam es kopi vietnam. “Setiap perhitungan ada namanya deviasi. Kami buat rentang 16.30 sampai 16.45” kata Nursamran di PN Jakarta Pusat, Rabu (3/8/2016).

Hakim anggota Binsar Gultom, mencoba mencari informasi dengan meminta jaksa penuntut umum (JPU) memutar ulang rekaman (CCTV) saat Agus Triyono pelayan Olivier menyajikan es kopi vietnam di meja nomor 54 tempat Jessica duduk.

Saat diputarkan, terlihat Agus menyajikan es kopi vietnam pada pukul 16.26. Binsar kemudian menanyakan apakah Nursamran menyebut rentang tersebut juga berdasarkan CCTV. “Saya tidak berdasar CCTV. Tapi pengujian saya. Saya enggak perlu lihat ini (CCTV)” jawab Nursamran.

Sayangnya selama persidangan, jaksa penuntut umum (JPU) juga belum memutarkan lima belas menit krusial tersebut. Meski belum diputarkan lima belas menit krusial tersebut, Nursamran mengungkapkan beberapa informasi tambahan terkait sianida.

Menurut Nursamran pelaku yang menaruh sianda dalam es kopi Mirna memiliki inteligensi cukup baik. Pasalnya efek sianida akan hilang saat dimasukkan atau dicampurkan ke dalam air panas, sianida hanya akan bereaksi jika dicampurkan air dingin.

“Harus dingin dulu” ujar Nursamran, seperti yang dilansir Kompas.

Hal itu terbukti berdasarkan sifat zat sianida yang mudah terurai jika terkena panas, termasuk air panas. Beberapa faktor lain pengurai sianida adalah sinar ultraviolet dan derajat keasaman. Lantas bagaimana pembuktian misteri 15 menit penuh misteri tersebut?

Jaksa penuntut umum, Ardito Muwardi mengungkapkan dalam rekaman CCTV terlihat bahwa penyaji memegang kopi Mirna hingga pukul 16.26. “Artinya mulai 16.26 kopi berada di tangan terdakwa. Kalau mengikuti persidangan berikutnya, itu tidak ada lagi yang melakukan interaksi pada kopi itu selain terdakwa” ujar Ardito.

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...