Home / Tekno / Gadget / Samsung Rajanya Pangsa Pasar Android

Samsung Rajanya Pangsa Pasar Android

Samsung dan Android
Samsung dan Android – (Ivan Andrianto)

Banyak yang mengira, rajanya platform robot hijau adalah Google. Namun hal ini keliru, melainkan produsen terkemuka asal Korea Selatan, Samsung-lah yang patut diberi gelar rajanya Android.

Seperti yang penulis kutip dari situs Insider Monkey (16/13), meski memiliki saham dan hak paten sekaligus pengembangan platform sistem operasi terlaris di dunia, nyatanya Google belum bisa disebut sebagai penguasa robot hijau ini.

Samsung dirasa lebih tepat untuk dinyatakan sebagai penguasa dari platform ini. Seperti yang dilansir dalam bentuk laporan statistik oleh Strategy Analitycs (SA), tingkat keuntungan dari pangsa pasar Android 94,7 persennya adalah milik Samsung.

Memang sangat fantastis dan tak heran jika perusahaan yang bermarkas di Seoul ini meraih pencapaian yang gemilang tersebut. Dengan demikian, pantas-pantas saja apabila Samsung dianggap ‘memonopoli’ Android.

Lalu bagaimana dengan pesaing-pesaingnya? Adalah produsen asal Taiwan, HTC belum mampu untuk menyaingi pencapaian Samsung. Raihan produsen ternama ini untuk ponsel pintar Android malah merosot tajam.

Sementara untuk produsen-produsen kelas menengah ke bawah semacam ZTE, Huawei, dan produsen Cina lainnya, belum bisa menunjukkan tajinya. Bahkan keuntungan dari gabungan produsen tersebut masih jauh untuk mendekati raihan Samsung.

Hanya produsen LG yang mampu memberikan kontribusi lebih. Namun lagi-lagi Samsung-lah yang paling tinggi, tercatat rekan senegara meraih tingkat prosentase sangat kecil, yaitu $2,5 persen saja.

Baca Juga

Xiaomi Rilis Mi VR Untuk Beberapa Perangkat

Xiaomi mencoba kembali terjun ke dunia VR (Virtual Reality) setelah sebelumnya merilis Mi VR Play. ...