Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Santoso Tewas; Bagi Kelompok Santoso yang Mau Kembali ke Masyarakat, Pemerintah akan Perlakukan Dengan Baik

Santoso Tewas; Bagi Kelompok Santoso yang Mau Kembali ke Masyarakat, Pemerintah akan Perlakukan Dengan Baik

santoso_7777

 

Pemerintah mempertimbangkan pemberian amnesti bagi 19 anggota kelompok teroris Santoso, usai pimpinan kelompok itu tewas dalam baku tembak yang terjadi di Desa Tambarana, Poso, Senin (18/7).

“Kami mengimbau agar jangan ada lagi pertempuran di sana, kalau mereka mau kembali ke masyarakat baik-baik ya tentu kami pertimbangkan untuk diselesaikan secara baik-baik,” kata Menko Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan di Jakarta, Jumat (22/7) seperti dilansir Antara.

Ditambahkan pula, pemberian amnesti bagi sisa anggota kelompok Santoso perlu dipelajari mendalam secara kasus per kasus, sehingga belum bisa diputuskan dalam waktu dekat.

Pemberian pengampunan dalam bentuk amnesti maupun abolisi dianggap sebagai pendekatan efektif untuk menangani gerakan kelompok-kelompok separatis di Indonesia, seperti yang pernah diberikan kepada kelompok bersenjata asal Aceh pimpinan Nurdin bin Ismail Amat alias Din Minimi.

“Intinya kan mereka warga negara Indonesia, kalau mereka berpikir untuk kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi dan bersama-sama bekerja (dalam masyarakat) ya kenapa tidak (diberi pengampunan),” papar Luhut.

Pasca kematian Santoso dan satu pengawalnya bernama Mukhtar, Satuan Tugas (Satgas) Operasi Tinombala menyatakan bakal terus melakukan pengejaran terhadap 19 anggota kelompok mujahidin Indonesia Timur itu.

Pada kontak senjata penangkapan Santoso diduga ada tiga anggota kelompok itu berhasil melarikan diri antara lain Basri dan istrinya, serta istri Santoso.

Istri Santoso yakni Jumiatun Muslim alias Atun alias Bunga alias Umi Delima, adalah salah satu dari tiga perempuan yang termasuk dalam 19 DPO kelompok sipil bersenjata itu.

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...