Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Ibu Kota / SBY: ‘Ahok Harus Diproses, Jangan Dianggap Kebal Hukum’

SBY: ‘Ahok Harus Diproses, Jangan Dianggap Kebal Hukum’

“Ya Pak Ahok harus juga diproses secara hukum, jangan sampai beliau dianggap kebal hukum” ungkap Susilo Bambang Yudhoyono.

sby-ahok-harus-diproses-jangan-dianggap-kebal-hukum

Susilo Bambang Yudhoyono ikut berkomentar terkait polemik yang menyeret nama Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Menurut SBY, Ahok harus diproses hukum terkait dugaan penistaan agama Islam. Kalau itu dilakukan, maka para penuntut keadilan tidak akan marah.

“Pak Ahok, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dianggap menistakan agama. Ayok kita kembali ke situ dulu, penistaan agama itu secara hukum tidak boleh dan dilarang. Kembali ke sistem hukum kita kembali ke KUHP kita”

“Di Indonesia sudah ada yurisprudensi, sudah ada preseden dan sudah ada penegakan hukum di waktu yang lalu menyangkut urusan ini yang terbukti bersalah juga telah diberikan sanksi. Jadi kalau ingin negara kita ini tidak terbakar oleh amarah para penuntut keadilan” ungkap SBY dalam konferensi pers di kediamannya di Cikeas Bogor, Rabu (2/11/2016).

SBY pun memberi saran agar persoalan ini tidak semakin besar, yakni tidak boleh ada kesan Ahok kebal hukum. SBY mengingatkan lagi jangan sampai ada rumor Ahok tidak bisa disentuh. SBY mengajak semua pihak untuk menyelesaikan persoalan ini dengan bijaksana.

“Ya Pak Ahok harus juga diproses secara hukum, jangan sampai beliau dianggap kebal hukum. Ingat equality before the law, itu nilai-nilai keadilan. Bayangkan, do not touch Ahok. Nah setelah Pak Ahok diproses hukum semua pihak menghormati. Ibaratnya jangan gaduh.

“Apakah Pak Ahok bersalah atau tidak diserahkan ke penegak hukum. Mari kita bikin mudah urusan ini jangan dipersulit. Sekali lagi mari kita bikin mudah. Mari kita kembali ke kuliah manajemen dan kembali ke metode penyelesaian persoalan. Itu semeseter satu yang kuliah di ilmu manajemen, ilmu kepemimpinan” pungkasnya.

Below Article Banner Area

Baca Juga

Ahok Batal Bangun Flyover di Pluit Karena…

“Ya kami batalkan. Tapi yang dekat kereta api, kami bangun” kata Ahok, Selasa (25/10/2016). Seperti ...

35 comments

  1. Wira Natha

    oowhhh esbeye ente mau menjatuhkan ahok supaya anak ente yg maju di pilgub,anak ente yg termasuk penghianat negara krna keluar dri bagian aparat negara hanya mencari popularitas

  2. Van Dzoel Lavan Toejoeh

    pak surabaya masih inget cocot anda kah ??

  3. Hart Go

    SOAL KALIMAT AHOK

    • Ahmed Zainul Muttaqien

    Saya sudah nonton videonya dan saya dengar redaksi asli perkataan Ahok berikut:

    *”Jadi jangan percaya sama ORANG. Kan bisa aja dalam hati kecil bapak ibu ga bisa pilih saya, karena dibohongin “PAKAI” surat almaidah 51 macem-macem itu. Itu hak bapak ibu ya…”*

    Saya tidak ingin menjelaskan perkataan ini dengan istilah-istilah filsafat yang rumit. Tapi cerna saja dengan AKAL SEHAT tanpa tendensi.

    Ahok sebelum sampai pada kalimat “dibohongin pake surat almaidah 51”, dia mengatakan “jangan percaya sama orang”.

    Berarti jelas yang dia maksud berbohong adalah ORANG-nya bukan ayatnya. “Orang” adalah subjeknya dan “Almaidah 51” adalah objek yang dibawanya. Yang dia maksud berbohong adalah subjeknya bukan objek yang dibawanya. Dan objek yang dimanfaatkan untuk berbohong tertera pada kalimat selanjutnya “PAKAI surat almaidah 51”.

    Ini sama seandainya saya berkata “Jangan percaya sama si Aa . Kamu di bohongin PAKE ayat-ayat Qur’an”. Yang saya maksud disini tentu bukan jangan percaya sama Qur’an, tapi jangan percaya sama Aa Gatot karena ia berbohong dengan MEMAKAI ayat-ayat Qur’an. Bukan berarti ayat Qur’annya yang salah, tapi subjek yang membawa dan menggunakan ayat Qur’an tersebut untuk berbohonglah yang salah.

    Ini sama seperti teroris yang menggunakan ayat jihad untuk berbuat barbar atau wahabi yang menggunakan ayat istiwa’ untuk berkeyakinan mujassimah terhadap Allah. Bukan ayatnya yang salah, tapi subjek yang menggunakan dan memelintir tafsir ayat itu yang salah.

    Itulah kenapa Ahok menggunakan kalimat *”dibohongin PAKAI surat almaidah 51″, bukan kalimat “dibohongin OLEH surat almaidah 51”.*

    Sebenarnya menafsirkan kalimat ini gampang, hanya ego kebencian yang mempersulit dan memelintirnya.

    Saya bukan pendukung Ahok. Bukan urusan saya jika ia terpilih nanti atau tidak, karena KTP saya bukan Jakarta. Tapi saya merasa terpanggil untuk meluruskan hal sederhana yang tidak dipahami oleh otak, kelewat sederhana yang ditutupi tendensi.

    Dan mau saya kasi tau satu lagi? Ternyata orang yang memelintir tafsir perkataan Ahok ini adalah orang-orang yang sama yang memelintir tafsir perkataan Prof. Quraish Shihab soal Nabi tidak dijamin masuk surga karena amalnya.

    Ternyata orang itu juga yang memelintir perkataan Grand Mufti Suriah; Syaikh Ahmad Badruddin Hassoun bahwa ia menyeru pemusnahan rakyat Aleppo.

    Kalau ulama-ulama besar islam saja perkataannya ia pelintir, kenapa bingung perkataan ‘kafir’ seperti Ahok mereka pelintir? Ini baru permulaan ya…

    Fb: Ahmed Zain Oul Muttaqin.
    ————————————————-

    Sangat perlu disebarluaskan…. ?

  4. Hart Go

    Justru pak ahok bisa mempersatukan umat islam yg selama ini bertikai terus rebutan yg benar, contoh saat menentukan idul fitri saja tdk sama tglnya

  5. Mikael Devison

    Susah sih.. Percuma jelasin panjang lebar.. Org lebih percaya isu SARA drpd kebenaran itu sendiri..

  6. Raka Putra Perdana

    Penista agama sudah saatnya di adili.

  7. Salmon D Sampouw

    Pasti donaturnya para koruptor yang merasa terganggu Klau ahok dan jokowi msh menjabat karna mrk tdk bs korupsi lg,dan hanya mau membodohi rakyat dengan menghalalkan segala cara khususnya menggunakan isu SARA dan propaganda memecah Belah dengan mengatas namakan agama.mereka mau rakyat tetap bodoh agar mereka bisa tetap korupsi

  8. Rudyst

    Yg kebal itu justru penghina Pancasila dan proklamator itu,kok gak disinggung ya,he,,,,,,,anak mas kali ya

  9. Daniel Andriy Setiawan

    Udah kayak derby manchester nih seru nanti

  10. ByBob Kaihena

    Biar anaknya gk punya saingan. Siapa tau ko ahok bisa WO. Itu harapannya sibeye.

  11. Hart Go

    LUAR BIASA, DOA SEMUA RAKYAT INDONESIA TELAH DI JAWAB OLEH TUHAN…!!!

    Imam besar Masjid Istiqlal menolak rencana aksi demo yang konon akan di lakukan pada tgl 4 – November. Para pendemo yang sebagian sudah berkumpul di Masjid Istiqlal langsung mendapat siraman rohani yang tiba – tiba menyadarkan mereka atas kekhilafan dan kekeliruannya dalam menanggapi suatu isu yang sebetulnya kurang mereka pahami.
    Imam besar Mesjid Istiqlal menyampaikan bahwa dirinya sudah menyaksikan cuplikan video pidato Ahok sebelum di edit dan beliau sama sekali tidak ada menemukan konteks penistaan sebagaimana yang di tuduhkan oleh sebagian pihak. Dan video tersebut juga sudah di saksikan oleh para pakar hukum dan pengamat dan mereka sama – sama tidak menemukan sama sekali adanya indikasi penistaan agama.
    Dalam hal ini Imam besar Mesjid Istiqlal menyarankan agar umat Islam dapat lebih cermat menyikapi segala sesuatu termasuk isu – isu politik yang sedang berkembang yang sarat dengan trik dan intrik dari lawan politik demi mencapai tujuan tertentu.

    Malah imam besar Mesjid Istiqlal ini merasa malu dengan sikap sebagian pihak yang telah dengan sengaja memperalat agama islam sebagai tunggangan politik murahan. Kehormatan dan kewibawaan agama Islam itu sendiri malah telah jatuh dan ambruk akibat ulah dari oknum politik itu sendiri yang telah menempatkan nilai agama berada jauh di bawah kepentingan politik yang kotor.
    Dimana lagi kehormatan suatu agama bila ia telah di tempatkan jauh di bawah pijakan politik oknum tertentu?

    Karena itu Imam besar Mesjid Istiqlal menyarankan agar umat Islam lebih cerdas dan lebih dewasa dalam bersikap dan berfikir.
    Tuhan tidak pernah tinggal diam. Ia akan selalu berdiri di pihak yang teraniaya. Dan Tuhan akan selalu berdiri di barisan orang benar.

    Buni Yani adalah orang yang dengan sengaja mengedit video pidato Ahok lalu mengedarkannya kepada publik. Video editan ini jelas telah melakukan pembohongan publik dan telah secara langsung melakukan fitnah kepada pihak lain yaitu Ahok. Maka sebagai umat beragama, kita harus yakin dan percaya bahwa Tuhan sendiri akan memberikan hukuman kepada Buni Yani atas tindakannya yang telah merugikan pihak lain.
    Pada hari ini sebelum pukul 23:59 Wib, saya percaya mujizat akan terjadi. Buni Yani akan menerima hukuman langsung dari Tuhan atas tindakan dan perbuatan kebohongannya, dan mereka yang telah tertipu oleh kebohongan video Buni Yani maupun yang salah kaprah terhadap isu politik akan segera sadar dan insyaf dan berbalik meminta maaf kepada Ahok atas kesalahan dan kekeliruan mereka.
    Ini adalah doa saya dan doa kita bersama yang pasti akan segera di jawab oleh Tuhan sebelum Matahari terbenam hari ini juga.

    TERUSLAH BERDOA MEMOHON KEADILAN KEPADA TUHAN DAN PERCAYALAH TUHAN TELAH MENJAWAB DOA KITA SAAT INI JUGA.

    SALAM INDONESIA SATU, BHINEKA TUNGGAL IKA.
    Yaitu:
    Islam damai
    Kristen cinta kasih
    Hidhu lemah lembut
    Budha rendah hati
    Katolik sukacita

  12. Hart Go

    LUAR BIASA, DOA SEMUA RAKYAT INDONESIA TELAH DI JAWAB OLEH TUHAN…!!!

    Imam besar Masjid Istiqlal menolak rencana aksi demo yang konon akan di lakukan pada tgl 4 – November. Para pendemo yang sebagian sudah berkumpul di Masjid Istiqlal langsung mendapat siraman rohani yang tiba – tiba menyadarkan mereka atas kekhilafan dan kekeliruannya dalam menanggapi suatu isu yang sebetulnya kurang mereka pahami.
    Imam besar Mesjid Istiqlal menyampaikan bahwa dirinya sudah menyaksikan cuplikan video pidato Ahok sebelum di edit dan beliau sama sekali tidak ada menemukan konteks penistaan sebagaimana yang di tuduhkan oleh sebagian pihak. Dan video tersebut juga sudah di saksikan oleh para pakar hukum dan pengamat dan mereka sama – sama tidak menemukan sama sekali adanya indikasi penistaan agama.
    Dalam hal ini Imam besar Mesjid Istiqlal menyarankan agar umat Islam dapat lebih cermat menyikapi segala sesuatu termasuk isu – isu politik yang sedang berkembang yang sarat dengan trik dan intrik dari lawan politik demi mencapai tujuan tertentu.

    Malah imam besar Mesjid Istiqlal ini merasa malu dengan sikap sebagian pihak yang telah dengan sengaja memperalat agama islam sebagai tunggangan politik murahan. Kehormatan dan kewibawaan agama Islam itu sendiri malah telah jatuh dan ambruk akibat ulah dari oknum politik itu sendiri yang telah menempatkan nilai agama berada jauh di bawah kepentingan politik yang kotor.
    Dimana lagi kehormatan suatu agama bila ia telah di tempatkan jauh di bawah pijakan politik oknum tertentu?

    Karena itu Imam besar Mesjid Istiqlal menyarankan agar umat Islam lebih cerdas dan lebih dewasa dalam bersikap dan berfikir.
    Tuhan tidak pernah tinggal diam. Ia akan selalu berdiri di pihak yang teraniaya. Dan Tuhan akan selalu berdiri di barisan orang benar.

    Buni Yani adalah orang yang dengan sengaja mengedit video pidato Ahok lalu mengedarkannya kepada publik. Video editan ini jelas telah melakukan pembohongan publik dan telah secara langsung melakukan fitnah kepada pihak lain yaitu Ahok. Maka sebagai umat beragama, kita harus yakin dan percaya bahwa Tuhan sendiri akan memberikan hukuman kepada Buni Yani atas tindakannya yang telah merugikan pihak lain.
    Pada hari ini sebelum pukul 23:59 Wib, saya percaya mujizat akan terjadi. Buni Yani akan menerima hukuman langsung dari Tuhan atas tindakan dan perbuatan kebohongannya, dan mereka yang telah tertipu oleh kebohongan video Buni Yani maupun yang salah kaprah terhadap isu politik akan segera sadar dan insyaf dan berbalik meminta maaf kepada Ahok atas kesalahan dan kekeliruan mereka.
    Ini adalah doa saya dan doa kita bersama yang pasti akan segera di jawab oleh Tuhan sebelum Matahari terbenam hari ini juga.

    TERUSLAH BERDOA MEMOHON KEADILAN KEPADA TUHAN DAN PERCAYALAH TUHAN TELAH MENJAWAB DOA KITA SAAT INI JUGA.

    SALAM INDONESIA SATU, BHINEKA TUNGGAL IKA.
    Yaitu:
    Islam damai
    Kristen cinta kasih
    Hindhu lemah lembut
    Budha rendah hati
    Katolik suka cita

  13. Fauzalillah

    wira natha..hei anjing jngan bnyak bacot lu..sekolah pa kagak..??
    simak baik2 kata sby..ahok harus diprose…kan benar tu…sppun yang bersalah harus diproses dinegara ini…goblok lu kafir anjing

  14. Resdiansyah

    Wow pemain Bola ini Dia mengatakan Pilih nomor 1 DKI Jakarta ??

  15. Anton Maulana Al Fazri

    Ini bukan masalah perang tapi masalah penegakan hukum…dan kami sebagai muslim tidak pernah membawa2 ayat2 yg ada di kitab suci kalian…sii ahok yg jelas2 non muslim mengutip surat dan ayat dalam kitab suci kami…apakah seperti itu yg namanya kerukunan.ahok lah yg merusak kerukunan itu…camkan itu.kami berdemo hanya menuntut agar kepolisian memproses kasus ini bukan ingin berperang…kami tidak ada kepentingan dengan pilkada dki

  16. Anthony Sam

    Hambalang gimana ya? Wisma atlet tuh harusnya di proses kasian anaz n nazaruddin ud koar2 nyebut nama tp kok tetap ga d usut ya

  17. Obes Obes

    Panggung Sandiwara Dunia.
    Nyimak sambil senyum…….

  18. Wira Natha

    Fauzalillah hei kambing ber peci udah dapet nasi bungkus gratis buat demo bsok?

  19. Jimmy Alviano

    pemimpin DKI yg sblm ahok blum tentuu ada yg brani bongkar tmpt lokalisasi di kali jodo & memecat pns2 yg bolos kerja.. tf
    hq wlwpun pak ahok non muslim apresiasi dy jdi pmimpin dah jlas ada niat mau mnsjahterakan maasyarakat DKI.. dan stu lagi kita smua ni satu bangsa satu bahasa…

  20. Romo Bayu

    Fauzalillah hanya banci dan pengecut yg teriak2 di sosial media..kalo memang berani ktemuan..seperti anak kecil teriak2 di sosial media..

  21. Erwin Mantong

    so would you tell me someone should got punished on hambalang and century cases?

  22. Ichwan Sodik

    Eh wira bodoh, siapa yg mau bayar nasi bungkus buat ribuan org dari indonesia? Presiden aje gak mampu. Ini murni dari hati nurani mereka!

  23. Zoro Z

    Peler beby mungkin lagi ke selip pak, maka nya gatal wkwkwkk

  24. Wira Natha

    Ichwan Sodik nih engkong lo dapet duit 1Milyar dari mana ye?

  25. Bang Regar

    Trus..nasalah mu ga usah diproses gitu!!!!!!!

  26. Bang Regar

    Hahahahah….asbunnn ni gaek.

  27. Andreas Hutahaean

    ibas apa kabar pak? anak bapak kale yg kebal hukum.. hahahaaha..

  28. Heri Suseno

    Setuju tuh kt bpk. SBY….siapapun orangnya klu emg salah hrus di hukum