Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / SBY : Negara Tak Perlu Represif, Misal ‘Menciduk’ Pengkritik Presiden

SBY : Negara Tak Perlu Represif, Misal ‘Menciduk’ Pengkritik Presiden

presiden-susilo-bambang-yudhoyono-_130221222457-171

Pasal Penghinaan Presiden kini ramai diperbincangkan menyusul diajukannya pasal tersebut. Pro dan kontra bermunculan di tengah masyarakat. Sejumlah tokoh pun memberikan tanggapannya.

Salah satunya datang dari mantan Presiden Susilo Bambang Yudhyono (SBY).

Lewat akun twitternya, SBY menyatakan bahwa penggunaan kekuasaan yang berlebihan itu tidak baik, termasuk memperkarakan orang yang menghina presiden.

“Kesimpulan: demokrasi & kebebasan penting, namun jangan lampaui batas. Demokrasi juga perlu tertib, tapi negara tak perlu represif. *SBY*,” begitulah cuitan SBY lewat akun @SBYudhoyono pada Minggu (9/8) sekitar pukul 13.00 WIB.

SBY menyimpulkan, penggunaan kekuasaan pemerintah tak boleh berlebihan. Bila berlebihan, maka sama saja dengan menyalahgunakan kekuasaan, seperti misalnya ‘menciduk’ dan memperkarakan para pengritik presiden.

“Power tends to corrupt. Absolute power corrupts absolutely. Kekuasaan tidak utk “menciduki” & menindas yg menentang penguasa. *SBY*,” kata SBY.

Ketua Umum Partai Demokrat ini pun menyatakan sebenarnya bukan saja kekuasaan yang bisa buruk, namun kebebasan bisa juga menjadi buruk bila penggunaannya tak disertai tanggung jawab.

“Ingat, liberty too can corrupt. Absolute liberty can corrupt absolutely. Saya pendukung demokrasi & kebebasan. Tetapi bukan anarki. *SBY*,” kata SBY.

Dari kedua sisi, yakni rakyat dan juga pemerintah, harus menggunakan kebebasan dan kekuasaannya dengan bijaksana. Dalam konteks demokrasi, jangan sampai rakyat menjadi takut berbicara gara-gara diancam pidana.

“Di sisi lain, penggunaan kekuasaan (apalagi berlebihan) utk perkarakan orang yg dinilai menghina, tmsk oleh Presiden, itu jg tdk baik. *SBY*,” kata SBY.

 

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...