Home / Berita / Serba - serbi / Sebagian Besar Mahasiswa Di AS adalah Mahasiswa Tiongkok

Sebagian Besar Mahasiswa Di AS adalah Mahasiswa Tiongkok

Mempunyai kesempatan untuk mengenyam pendidikan di luar negeri adalah impian bagi setiap kalangan, mulai dari kalangan bawah hingga kalangan atas.  Amerika Serikat adalah salah satu negara yang menjadi tujuan banyak kalangan di berbagai negara. Banyak juga warga negara Indonesia yang mengenyam pendidikan di Amerika Serikat, ada yang dengan biaya sendiri ada juga karena bea siswa . Begitu pula di negara Tiongkok yang hampir seperempat juta mahasiswa asal Tiongkok mengenyam pendidikan di Universitas – Universitas Amerika Serikat.

Jumlah mahasiswa asal Tiongkok mencapai sepertiga dari seluruh mahasiswa International di Amerika Serikat. Mengapa mahasiswa asal Tiongkok cenderung memilih Amerika Serikat?

Junfeng Guang, salah seorang mahasiswa asal Tiongkok , menolak melanjutkan studinya di Universitas Lokal di Shanghai karena pendidikan di Barat mengijinkannya memilih bidang studi yang sesuai dengan keinginannya. Sehingga hal tersebut merupakan alasan utama mengapa sebagian murid-murid asal Tiongkok belajar di Amerika Serikat. Sebab di Tiongkok jurusan seorang mahasiswa ditentukan oleh nilai ujian dan jika jurusan sudah ditetapkan tidak bisa dirubah.

Selain itu alasan warga Tiongkok mengenyam pendidikan di Amerika Serikat adalah sebagai tabungan keluarga. Xuran (Sherry) Peng, murid asal Tiongkok mengatakan bahwa orang tuanya harus menggunakan sebagian besar tabungan mereka agar bisa kuliah di Amerika Serikat, namun mereka percaya dana yang dikeluarkan adalah investasi yang akan menguntungkan bagi seluruh keluarga.

Mungkin masih ada alasan-alasan lain yang menyebabkan warga Tiongkok atau warga lainnya untuk mengenyam pendidikan di Amerika Serikat. Namun yang pasti mempunyai kesempatan  untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi merupakan suatu keberuntungan bagi banyak kalangan walaupun tidak harus ke luar negeri.

Baca Juga

Gula Darah Anda Ingin Turun? Ikuti Terapi Berikut

Aku dapati penyakit diabetes yg kuderita mencapai 500 mg. Lalu stlh 1 bln lakukan diet ...