Home / Berita / Nasional / Sebanyak 15,5 Juta Keluarga Miskin Calon Penerima BLSM Sudah Disurvei

Sebanyak 15,5 Juta Keluarga Miskin Calon Penerima BLSM Sudah Disurvei

Calon Penerima BLSM Sudah Disurvei
Mendagri (kompas.com)

Calon Penerima BLSM Sudah Disurvei – Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, di Jakarta, Rabu (19/6/2013) menyampaikan bahwa sebanyak 15,5 juta keluarga mskin calon penerima BLSM sudah selesai di survei. Survei ini dilakukan untuk memastikan apakah calon penerima BLSM itu memang layak menerimanya dan digolongkan sebagai keluarga miskin. Warga miskin tersebut juga berhak menerima kartu BLSM yang bisa digunakan untuk dana beasiswa, raskin dan keluarga harapan.

Meski menimbulkan pro dan kontra serta polemik yang makin memanas, pemerintah seolah yakin bahwa BLSM akan menjadi solusi efektif ditengah rencana kenaikan harga BBM yang belum pasti kapan akan terlaksana. Banyak pihak yang mengkhawatirkan BLSM memicu masyarakat menajdi malas kerja karena hanya akan mengantungkan hiduppnya dari bantuan pemerintah tersebut.

Namun anggpan ini ditepis oleh Menteri Keunagan (Menkeu) Chatib Basri. Menurutnya BLSM hanya merupakan kompensasi dari kenikan harga BBM jadi tidak ada alasan bagi masyarakat untuk malas bekerja dan tergantung pada bantuan ini. Menkeu pun menuliskan pendapatnaya dalam situs resmi Departemen Keuangan. “Saya bilang nilai BLSM per rumah tangga Rp 150 ribu, tidak menjadi malas. Kalau nggak kerja nggak masuk akal, BLSM hanya membantu orang untuk bertahan hidup. Penghasilan mereka kan Rp 450 ribu ditambah BLSM Rp 150 ribu, maka pola konsumsi mereka nggak berubah” terang Chatib Basri.

Sementara itu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan bahwa kartu BLSM sudah mulai bisa digunakan tepat di hari dimana BBM resmi dinaikkan. Hatta juga menegaskan bahwa untuk tahapan pertama BLSM akan disebarkan di 12 kota besar di Indonesia. Kota-kota besar tersebut meliputi Jakarta, Surabaya, Yogjakarta, Bandung, Makassar, dan Medan. Dan untuk hari selanjutnya, pemerintha mengusahakan BLSM sudah bisa dinikmati oleh seluruh keluarga miskin di Indonesia.

PT Pos Indonesia yang didapuk sebagai perantara penyaluran BLSM ini mengatakan sudah siap menjalankan tugasnya. PT Pos Indonesia menyebutkan jika tidak ada halangan kartu BLSM rencananya akan mulai disebar tanggal 22 Juni 2013 mendatang.

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...