Home / Bola / Sebelum Wafat Suharno Titip Pesan Buat RD, Apa Isinya?

Sebelum Wafat Suharno Titip Pesan Buat RD, Apa Isinya?

suharno

Seperti diketahui, dunia sepakbola tanah air kehilangan sala seorang pelatih terbaiknya, Suharno. Ia yang menukangi Arema Cronus telah meninggal di Puskesmas Pakishaji pada Kamis (19/8) malam.

Sebelum meninggal duni, ternyata Suharno sempat titip pesan untuk pelatih Persija Jakarta, Rahmad Darmawan.

Apa isi pesannya?

Suharno menitip pesan dimana berharap agar kisruh di sepak bola Indonesia segera diakhiri.

Pesan ini sendiri dikirim sebelum Rahmad Darmawan bertolak ke Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). Pesan yang dititipi ke RD, disampaikan lewat whatsapp pada 10 Agustus 2015.

“Saya sebagai pelatih, kami mohon kisruh sepak bola Indonesia cepat berakhir. Dari pihak-pihak tertentu yang bersengketa, berkoar di media dan tv sampai sekarang tidak ada solusinya Sampai kapan berakhir?” demikian pesannya.

Ditambahkan, apa tidak melihat dampak untuk pelaku di lapangan. Pelatih, pemain kehilangan mata pencaharian yang mengakibatkan Sengsara. Yang mempunyai tanggungan. Sudah hampir 4 bulan PSSI dibekukan dan klub-klub tidak sanggup bayar pelatih, pemain disebabkan tidak adanya pemasukan ke klub dan sponsor pada pergi. Ini jadi tanggung jawab siapa?

Suharno kemudian mempertanyakan siapa yang harus bertanggung jawab dan bentuk konkretnya. Ia pun menyatakan kesiapan untuk mendukung Kemenpora jika punya tujuan baik dengan cara-cara yang benar.

“Kalau di dalamnya ada yang salah, ya cepat diproses. PSSI-nya tetap jalan, seharusnya Kemenpora juga mengayomi dan melindungi semua cabang olahraga di Indonesia. Once!,” demikian pesan Suharno.

Suharno semasa hidupnya sudah kenyang malang melintang di sejumlah klub. Ia pernah dipercaya menangani klub seperti Gelora Dewata, Persikab Bandung, Persema Malang, PSS Sleman, Deltras, PKT Bontang, Persis, Persiwa, Gresik, United, dan Persibo Bojonegoro.

 

 

 

 

Baca Juga

Senangnya Schweinsteiger Latihan Bareng Manchester United Lagi

“Merasa luar biasa hari ini. Tim dalam kondisi yang baik, hasilnya menyusul kemudian” kata Schweinsteiger. ...