Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Sejak 1992 Freeport Mengaku Telah Setor US$15 Miliar ke Pemerintah

Sejak 1992 Freeport Mengaku Telah Setor US$15 Miliar ke Pemerintah

maroef4

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin dicecar pertanyaan oleh Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) terkait pertemuannya dengan Ketua DPR Setya Novanto dan pengusaha Riza Chalid.

Salah satu pertanyaan yang keluar dari Anggota MKD Akbar Faisal, seputar cadangan terbukti mineral di Grasberg yang mencapai 2,52 miliar ton bijih. Disamping itu, Akbar juga mempertanyakan kontribusi Freeport terhadap perekonomian nasional sejak pertama kali beroperasi pada 1967.

“Berapa yang telah didapatkan Freeport sejak awal beroperasi dan apa yang telah Freeport berikan buat Indonesia,” demikian pertanyaan Akbar di gedung DPR, Kamis (3/12).

Kemudian dijawab oleh Maroef Sjamsoeddin dengan tenang. Sambil mencontek data tertulis yang diserahkan anak buahnya, Maroef menuturkan perusahaan tambang emas, yang telah dipimpinnnya sejak 1 Januari 2015, telah memberikan keuntungan langsung buat Indonesia dalam bentuk pembayaran pajak, royalti, dividen, dan iuran lainnya.

“Pada 2014 saja (keuntungan yang Freeport berikan buat Indonesia) sebesar US$500 juta,” kata Maroef.

Sedangkan sejak perpanjangan kontrak karya pada 1992, Maroef mengatakan, sedikitnya Freeport telah membayar ke Pemerintah Indonesia sebesar US$15,8 miliar.

“Sejak kontrak karya yang kedua, 1992 hingga 2014 (sumbangan Freeport) itu sebesar US$15,8 miliar,” ujarnya.
 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...