Home / Tekno / Internet / Sejak Abad Ke-17, Emoticon Sudah Digunakan

Sejak Abad Ke-17, Emoticon Sudah Digunakan

Emoticon

Jika video call sudah ada sejak 50 tahun lalu, tak kalah “jadul”, emoticon telah digunakan sejak abad ke-17. Pada tahun 1648 emoticon pertama digunakan pada sebuah puisi. Seperti apa?

Emoticon dipakai untuk mewakili ekspresi atau emosi diri yang tidak terwakili oleh teks. Dengan emoticon, komunikasi serasa lebih humanis. Ada unsur “perasaan” yang terwakilkan dalam proses komunikasi.

Di era sekarang, emoticon membanjir di sejumlah platfrom komunikasi sosial macam layanan pesan instan dan situs sosial. Hadirnya emoticon dirasa tak cukup mewakilkan ekspresi diri yang kini ditambah dengan kemunculan stiker. Bahkan, popularitas emoticon nampaknya kian tergerus.

Sebuah puisi berangka tahun 1648 menunjukan fakta keras jika emoticon telah digunakan sejak 200 tahun yang lalu. Adalah editor Levi Stahl, publisitas manager untuk Universitas Chicago Press, mengambil sejumlah puisi karya Robert Herrick yang mendapati penampakan emoticon tersebut.

Ia melihat sebuah tipografi di baris kedua di sebuah puisi yang bertajuk To Fortune:

Tumble me down, and I will sit. Upon my ruins, (smiling yet:),” demikian bunyi puisi tersebut.

Nampak sebuah emoticon yang membentuk wajah tersenyum pada akhir kalimat. Jika terlahir di abad ke-17, emoticon juga pernah ditemukan berkali-kali seperti tersenyum dengan hidung, “:-)”, yang ditemukan pada tahun 1982.

Ada anggapan jika tanda kurung bukan berarti tidak dipakai dalam sajak namun pula tidak sesering yang digunakan pada saat ini dalam sebuah situasi tertentu. Terlebih pada abad ke-17 tanda baca juga kerap kali alami perubahan.

Itu sama seperti ejaan, misalkan saja Shakespeare yang dieja berbeda sebab belum ada aturan baku yang berlaku. Bisa jadi pada saat itu Herrick tidak gunakan tanda baca kurung secara konsisten.

Baca Juga

Asep Sunandar Terpilih Jadi Google Doodle Hari Ini

  Kalau anda membuka mesin pencari Google hari ini, Sabtu (3/9), bakal menemukan dua tokoh ...