Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Dunia / Sejarah 14 Desember, 7 Tahun yang Lalu George W Bush Dilempar Sepatu

Sejarah 14 Desember, 7 Tahun yang Lalu George W Bush Dilempar Sepatu

Presiden George W Bush dilempar sepatu pada 14 Desember 2008.

Sejarah 14 Desember, 7 Tahun yang Lalu George W Bush Dilempar Sepatu

Insiden ini terjadi ketika 14 Desember 2008, Presiden Amerika Serikat George W Bush melakukan kunjungan kenegaraan ke Irak. Bush diterima dengan baik oleh Perdana Menteri Irak, Nuri Kamal al-Maliki.

Keduanya melakukan pertemuan untuk membicarakan stabilitas keamanan di Irak. Usai berdialog, Bush dan al-Maliki menggelar konferensi pers di Kantor Perdana Menteri di Baghdad. Keduanya mengungkapkan hasil perbincangan mereka ke publik.

Namun tak disangka, tiba-tiba sebuah sepatu meluncur ke arah Bush. Wartawan Irak, Muntader al-Zaidi yang secara cepat berdiri dan melemparkan sepatu tersebut sambil mengucapkan sumpah serapah.

“Ini hadiah dari Irak. Ini ciuman perpisahan dari kami untuk Anda, Anj**g!” teriak koresponden al-Baghdadia tersebut, yang langsung melemparkan sepatunya ke Bush.

Seperti yang dilansir New York Times, beruntung Bush sigap menggeser badan untuk menghindari sepatu yang hampir menyosor ke wajahnya. Belum puas sampai di situ, jurnalis berusia 28 tahun tersebut mengulangi aksinya. Sambil mengucap kecaman.

“Ini dari janda dan anak yatim tak berdosa yang tewas di Irak” tambahnya.

Lemparan kedua juga meleset, karena PM al-Maliki mencoba menghadang sepatu. Bush juga berusaha menghindar. Saat itu juga al-Zaidi langsung dibekuk, ditendang dan dipukuli aparat keamanan.

Al-Zaidi si pelaku rupanya geram dengan Amerika Serikat yang melakukan invasi ke Irak atas dalih untuk melindungi warga dari kelompok militan terkait penggulingan Saddam Hussein. Bagi dia, langkah militer AS di negaranya, malah membuat korban semakin banyak.

Wartawan pelempar sepatu itu divonis hukum penjara satu tahun karena dianggap melakukan tindakan tak pantas terhadap pemimpin negara. Namun kemudian ia bebas lebih cepat setelah mendapat pengampunan.

Below Article Banner Area

Baca Juga

Bintang Tamu Ini Bercinta di Depan Penonton Saat Siaran Langsung

Sebuah video merekam aksi dua bintang tamu berbaring di lantai di sebuah studio TV saat ...