Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Headline / Sejarah 21 Mei, Mundurnya Presiden Soeharto

Sejarah 21 Mei, Mundurnya Presiden Soeharto

Pak Harto mengatakan: “Saya memutuskan untuk menyatakan berhenti dari jabatan saya sebagai Presiden Republik Indonesia terhitung sejak saya bacakan pernyataan ini pada hari ini, kamis 21 Mei 1998”

Sejarah 21 Mei, Mundurnya Soeharto

Pada 21 Mei 1998, Soeharto memberikan pernyataan yang menjadi tonggak bersejarah beralihnya rezim Orde Baru dan dimulainya orde reformasi dalam sejarah pemerintahan Indonesia. Soeharto menyatakan mundur sebagai presiden setelah didera berbagai persoalan pelik.

“Saya memutuskan untuk menyatakan berhenti dari jabatan saya sebagai Presiden Republik Indonesia terhitung sejak saya bacakan pernyataan ini pada hari ini, kamis 21 Mei 1998.”

“Pernyataan saya berhenti dari jabatan sebagai Presiden Republik Indonesia, saya sampaikan di hadapan Saudara-saudara pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia yang juga adalah pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat.”

Soeharto mundur, sekaligus membuat BJ Habibie melanjutkan tongkat komando menjadi Presiden disisa waktu. Kemudian BJ Habibie digantikan oleh Abdurrahman Wahid pada tahun 1999. Mundurnya Soeharto tidak jatuh begitu saja dari langit.

Krisis politik dan ekonomi dalam 6 sampai 12 bulan sebelumnya, menjadi pemicu kejatuhan Soeharto. Ada banyak rentetan peristiwa yang menjadi saat-saat kritis bagi bangsa Indonesia sebelum akhirnya Soeharto lengser keprabon.

Dua hari sebelum mengundurkan diri, Soeharto tampak murung. Namun pilihan mundur tetap harus diambil. Soeharto sempat mengumpulkan 10 tokoh di Cendana membahas kelanjutan nasib pemerintahan yang saat itu dilanda berbagai krisis. Gelombang demo mahasiswa juga terus menuntut Soeharto untuk lengser.

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...