Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Olahraga / Balap / Sejarah MotoGP Sentul, Valentino Rossi Pernah Juara Saat Masih Unyuk-Unyuk!

Sejarah MotoGP Sentul, Valentino Rossi Pernah Juara Saat Masih Unyuk-Unyuk!

Rossi Sentul Indonesia MotoGP

Siapa bilang Valentino Rossi belum pernah mengaspal di sirkuit Sentul Indonesia? Hal itu pernah terjadi saat Rossi masih junior, dan mungkin dalam tahapan menjadi The Doctor. Dalam sejarahnya Sentul International Circuit adalah sirkuit permanen untuk balapan sepeda motor dan mobil. Sirkuit ini terletak di Babakan Madang Bogor, tak jauh dari Tol Jagorawi.

Pembangunannya dimulai pada 1990 dipimpin oleh putra Presiden RI saat itu, Hutomo Mandala Putra. Pada 1993, Sentul pun resmi dibuka oleh Soeharto. Desain Sentul saat ini sebenarnya versi terpotong dari desain asli yang sempat direncanakan. Rangkaian saat ini dipotong 40 persen dibandingkan dengan desain asli. Sentul awalnya ditujukan untuk balapan sepeda motor dan F3 Seri Asia.

Rossi

Kejayaan Sentul terasa di 1996 dan 1997, dimana Indonesia terpilih sebagai penyelenggara MotoGP. Rider asal Australia, Michael Doohan menjadi juara di kelas utama 500cc disusul Tetsuya Harada jadi juara di kelas 250 cc dan Masaki Tokudome juara di kelas 125 cc. Setahun berikutnya giliran rider asal Jepang Tadayuki Okada juara di kelas 500 cc, Max Biaggi juara di kelas 250 cc dan legenda hidup MotoGP, Valentino Rossi menyabet gelar juara di kelas 125 cc.

Sayang ada efek domino dari Krisis Keuangan Asia pada 1997 yang memperburuk situasi dan membuat dunia balap Indonesia mengalami kendala. Sentul juga dibayang-bayangi oleh Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia yang dibuka pada 1999. Sepang menawarkan lay-out trek dan fasilitas yang lebih unggul dibandingkan Sentul.

Data Sirkuit Internasional Sentul

Panjang lintasan: 4,02 km
Lebar: 15 meter
Trek lurus terpanjang: 900 meter
11 tikungan
50 garasi pit
2 tribun tertutup
Rekor lap tercepat: 1:15.686 detik (Bruno Senna, Trust Team Arden, 2008)

Below Article Banner Area

Baca Juga

klasemen-baru-poin-rossi-di-motogp-2016

Klasemen Baru & Poin Rossi di MotoGP 2016

Setelah balapan di Sepang ada perubahan pada poin Rossi, Lorenzo & Marquez pada klasemen MotoGP ...