Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Otomotif / Mobil / Sejarah Munculnya Speedometer Pertama di Dunia

Sejarah Munculnya Speedometer Pertama di Dunia

Sejarah Munculnya Speedometer Pertama di Dunia

Joseph Belusic merupakan orang yang pertama kali menciptakan speedometer elektrik, yang saat itu diberi nama velocimeter. Kemudian pada 1899 seorang bernama Joseph Jones juga mengklaim menemukan alat yang serupa dengan yang ditemukan Belusic beberapa tahun sebelumnya. Bedanya khusus Jones menciptakan alat pengukur kecepatan untuk kendaraan bermotor.

Anda pasti tahu Speedometer, tapi mungkin saja belum mengetahui bagaimana sejarah munculnya benda itu. Menurut laman Researchpedia, ide untuk membuat alat yang mampu mengukur kecepatan kendaraan dipikirkan pertama kali oleh Joseph Belusic asal Kroasia. Saat berusia hampir 41 tahun atau pada 1888, Belusic pertama kali menciptakan speedometer elektrik yang saat itu diberi nama velocimeter.

Tidak lama setelah itu, Belusic mendaftarkan hak cipta velocimeter ke lembaga paten di Austria dan Hongaria. Satu tahun setelahnya, velocimeter juga dipatenkan di Perancis setelah sebelumnya dipamerkan di depan publik. Saat itu velocimeter tidak lah khusus untuk kendaraan tertentu. Teknologi itu digunakan pada banyak kendaraan, dari mulai mobil hingga sepeda.

Perkembangan selanjutnya pada 1899, seorang bernama Joseph Jones juga mengklaim menemukan alat yang serupa dengan yang ditemukan Belusic beberapa tahun sebelumnya. Bedanya Jones  khusus menciptakan alat pengukur kecepatan untuk kendaraan bermotor. Ceritanya seperti yang dilaporkan Yahoo Autos, penemuan ini berawal dari pertanyaan sang istri:

“Berapa kecepatan mobil uap yang kita naiki?” katanya.

Jones  kemudian melakukan riset dan berhasil menemukan speedometer sebagaimana yang dikenal saat ini. Jones mematenkan juga speedometer ini pada 1903, setahun kemudian hak cipta keluar. Jones dikabarkan mencetak banyak uang dari penemuannya tersebut.

Meskipun terkesan sama, sebenarnya kedua benda ini dianggap berbeda. Speedometer lebih kepada alat ukur kelajuan, yaitu seberapa jauh benda berjalan dalam satu selang waktu tertentu. Sementara velocimeter lebih kepada alat pengukur kecepatan yang juga memperhitungkan aspek arah.

Below Article Banner Area

Baca Juga

klasemen-baru-poin-rossi-di-motogp-2016

Klasemen Baru & Poin Rossi di MotoGP 2016

Setelah balapan di Sepang ada perubahan pada poin Rossi, Lorenzo & Marquez pada klasemen MotoGP ...