Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Sejarah Tercipta…Untuk Pertama Kali, Pengungsi bisa Tampil di Olimpiade

Sejarah Tercipta…Untuk Pertama Kali, Pengungsi bisa Tampil di Olimpiade

-pengungsi88

Ya, untuk pertama kalinya dalam sejarah, satu tim yang terdiri dari sepuluh pengungsi (refugee) akan bersaing di Olimpiade Rio 2016. Sambil memakai celana cokelat, dan blazer biru, seluruh atlet terlihat antusias menghadiri upacara pembukaan yang berlangsung di Stadion Maracana, Jumat (5/8) malam waktu setempat.

Tim ini sendiri terdiri dari beberapa atlet dari kamp pengungsi Kakuma di Kenya, dua perenang Suriah, dua judokas (atlet judo) dari Republik Demokratik Kongo, dan seorang pelari maraton dari Ethiopia. Rose Lokonyen Nathike, pelari 800 m memimpin timnya dengan membawa bendera olimpiade.

“Sepuluh atlet pengungsi akan ambil bagian dalam event bergengsi Olimpiade Rio 2016. Ini sebagai simbol harapan bagi para pengungsi di seluruh dunia dan membawa perhatian dunia dengan besarnya krisis pengungsi ketika mereka mengambil bagian dalam Olimpiade Rio musim panas ini,” demikian Komite Olimpiade Internasional (IOC), dalam rilis yang dikutip dari Mashable, Sabtu (6/8).

Sementara itu Presiden IOC Thomas Bach mengungkapkan bahwa meskipun tim pengungsi diketahui tidak memiliki rumah, bendera, serta lagu kebangsaan. Namun demikian IOC tetap memiliki komitmen untuk menempatkan mereka di perkampungan atlet bersama dengan negara lainnya.

Adapun dari 12 cabang olahraga yang dipertandingkan, tim refugee hanya akan mengikuti tiga cabang saja, yakni atletik, renang, dan judo.

“Kami tetap memberikan mereka penginapan di perkampungan atlet bersama dengan negara lain. Ini akan menjadi simbol dan harapan bagi semua pengungsi di dunia. Dalam dunia olahraga atau olimpiade, kami tidak hanya mentolerir perbedaan. Sehingga pada event bergengsi ini kami ingin menyambut tim pengungsi sebagai kesatuan kita dalam keragaman,” papar Bach.

Berikut ini ke-10 atlet tim pengungsi di Olimpiade Rio 2016 yakni : Rami Anis (Suriah/Renang), Yiech Pur Biel (Sudan Selatan/Atletik), James Nyang Chiengjiek (Sudan Selatan/Atletik), Yonas Kinde (Ethiopia/Marathon putra), Anjelina Nada Lohalith (Sudan Selatan/Atletik), Rose Nathike Lokonyen (Sudan Selatan/Atletik), Paulo Amotun Lokoro (Sudan Selatan/Atletik), Yolande Bukasa Mabika (Republik Demokratik Kongo/Judo), Yusra Mardini (Suriah/Renang), Popole Misenga (Republik Demokratik Kongo/Judo)

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

demo-ahok-4-november-ini-reaksi-nu-muhammadiyah

Demo Ahok 4 November, Ini Reaksi NU & Muhammadiyah

Nadlatul Ulama (NU) maupun Muhammadiyah mengaku tak bisa menolak aksi demo 4 November 2016, namun ...