Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Sejumlah BUMN Merugi, Total Laba BUMN Turun 1,9 Persen

Sejumlah BUMN Merugi, Total Laba BUMN Turun 1,9 Persen

Kementerian BUMN

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mencatat hingga sekarang terdapat ada 119 BUMN. Dari jumlah ini ternyata tidak semuanya mampu meraih laba bersih sepanjang tahun 2014.

Ada sekitar 27 BUMN yang masih merugi, dengan nilai total kerugian sebesar Rp 11,87 triliun.

Tapi jika dibandingkan tahun 2013, adanya penurunan. Tahun 2013, tercatat 30 BUMN mengalami rugi sebesar Rp 34,68 triliun, sehingga penurunan sebesar 65,77%.

“Secara umum kinerja BUMN membaik karena jumlah BUMN yang rugi berkurang. BUMN yang mengalami kerugian besar seperti Garuda, Antam dan Krakatau Steel,” kata Asdep Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian BUMN, Seger Budiarjo di salah satu media online.

Meski ada yang rugi, ternyata berdasarkan rilis kinerja BUMN, dari 119 BUMN yang ada, Kementerian BUMN mencatat perolehan total laba bersih Rp 148,17 triliun.

Laba bersih BUMN tersebut turun 1,9%, bila dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai Rp 151,85 triliun.

“Penurunan laba BUMN sangat dipengaruhi oleh penurunan laba Pertamina yang signifikan. Tahun 2013 laba senilai Rp 32 triliun kemudian turun ke Rp 19 triliun di 2014. Penurunan laba Pertamina dipengaruhi oleh turunnya harga minyak,” ujar Seger Budiarjo.

Pertamina sendiri merupakan salah satu BUMN penyumbang laba terbesar. Berkurangnya total laba BUMN juga dipengaruhi oleh proses penurunan nilai aset atau impairment asset.

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...