Home / Berita / Dunia / Sejumlah Pemimpin Dunia Kutuk Teror Bom di Paris, Ini Komentar Lengkapnya

Sejumlah Pemimpin Dunia Kutuk Teror Bom di Paris, Ini Komentar Lengkapnya

1132

Sejumlah pemimpin dunia mengecam keras tragedi teror bom di Paris, Prancis. Mereka buka suara berpendapat, ada dari Presiden Indonesia Jokowi,Presiden AS Barack Obama, Presiden China dan lainnya, menyampaikan kecaman atas aksi penyerangan dan duka cita yang dalam untuk para korban.

“Kita ingin menyampaikan duka mendalam atas musibah yang menimpa Prancis. Kita mengutuk keras serangan teror di Prancis,” kata Presiden Jokowi dalam jumpa pers pukul 10.15 WIB, di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (15/11).

Sementara Obama menuturkan bahwa tragedi Paris ini adalah serangan terhadap kemanusiaan.

“Ini adalah serangan terhadap kemanusiaan dan nilai universal yang kita anut,” ujar Obama dari Gedung Putih seperti dilansir Reuters, Sabtu (14/11).

Hal senada juga diungkapkan Presiden China Xi Jinping yang langsung menelepon Presiden Prancis Hollande. Jinping menyampaikan duka dan bantuan untuk memerangi terorisme.

Pun demikian halnya disampaikan PM India Narendra Modi yang tengah melakukan kunjungan ke Inggris. Modi menyampaikan belasungkawa dan doa untuk korban dan keluarga yang ditinggalkan. Modi juga menegaskan dukungannya kepada warga Prancis dalam menghadapi tragedi penyerangan itu.

Sedangkan Presiden Iran, Hassan Rouhani menunda kunjungannya ke Prancis dan Italia. Dia juga mengirim pesan ke rekannya Presiden Prancis Francois Hollande.

“Penyerangan itu adalah kejahatan atas kemanusiaan,” terang Rouhani seperti dikutip dari Time.

Perdana Menteri Inggris David Cameron menuturkan bahwa negaranya siap membantu Prancis untuk menyelesaikan kasus ini.

“Saya terkejut dengan peristiwa di Paris malam ini (Jumat). Pikiran dan doa kami bersama orang-orang Prancis. Kami (Inggris) akan melakukan apapun yang kami bisa untuk membantu,” demikian Cameron lewat akun Twitter-nya.

Sementara Presiden Rusia Vladimir Putin juga mengirim ucapan duka cita yang mendalam untuk Presiden Prancis Francois Hollande dan warga Perancis. Rusia mengutuk penembakan dan ledakan ini.

“Rusia mengutuk keras pembunuhan biadab ini dan siap memberikan bantuan untuk menyelidiki kejahatan teroris,” ujar Putin melalui akun Twitter-nya @KremlinRussia_E.

 

 

Baca Juga

PDIP Jatim Belum dapat Bocoran Nama Cagub dan Cawagub

Surabaya – DPD PDIP Jatim belum mendapatkan bocoran, siapa cagub dan cawagub yang akan diusung ...