Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Sejuta Buruh Turun ke Jalan, Seperti Apa Tuntutannya?

Sejuta Buruh Turun ke Jalan, Seperti Apa Tuntutannya?

May_Day

Indonesia saat ini tercatat sebagai negara dengan angkatan kerja (buruh) terbesar selain China. Berdasarkan data dari Biro Pusat Statistik (BPS) tahun 2014, jumlah buruh, karyawan dan pegawai di Indonesia sekitar 43,4 juta.

Dari jumlah tersebut, belum tentu semuanya sama apa yang diperoleh dan dinikmati. Tiap hari bisa disaksikan bagaimana nasib buruh dengan kerja keras tapi hasilnya tidak memadai. Sebab gajinya terlalu kecil, sementara untuk biaya hidup semakin naik.

Menyadari masih banyak buruh yang masih kurang, sejumlah organisasi buruh terus memperjuangkan perbaikan nasib hidupnya. Nah momentum May Day dimanfaatkan oleh seluruh buruh menyuarakan aspirasinya.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Konfederasi Serikat Pekerjaa IndonesiaMuhammad Rusdi mengatakan, pada May Day akan menggelar aksi buruh dengan 10 tuntutan, bersama satu juta buruh yang akan kembali bergerak turun ke jalan

“Kami akan menyampaikan 10 tuntutan kepada pemerintahan Jokowi – JK untuk segera mengakhiri keserakahan korporat dan wujudkan negara kesejahteraan”, kata Rusdi

Berikut 10 tuntutan para buruh pada saat May Day 1 Mei 2015 :

  1. Menolak upah murah dengan menuntut kenaikan UMP/K sebesar 32 persen.
  2. Mendesak pemerintahan Jokowi-JK untuk menjalankan jaminan pensiun buruh wajib pada awal Juli 2015 dengan manfaat pensiun 60 persen hingga 75 persen dari gaji terakhir seperti Pegawai Negeri Sipil (PNS).
  3. Mendesak pemerintah Jokwoi-JK menambah anggaran jaminan kesehatan Rp30 trilium dari APBN.
  4. Mendesak pemerintah untuk segera menghapus sistem kerja outsourcing, khususnya di BUMN (Badan Usaha Milik Negara).
  5. Menolak kenaikan harga BBM (bahan bakar minyak), elpiji, TDL (tarif dasar listrik) sesuai harga pasar.
  6. Mendesak pemerintah untuk menurunkan harga barang pokok.
  7. Mengakhiri corporate greed (kesekarahan perusahaan)
  8. Mendesak pencabutan aturan tentang objek vital dan stop tindakan union busting dan kekerasan terhadap aktivis buruh
  9. Angkat guru dan pegawai honorer menjadi PNS tanpa tes lagi.
  10. Sahkan RUU PRT (pembantu rumah tangga), revisi undang-undang perlindungan TKI (tenaga kerja Indonesia) dan revisi total undang-undang PPHI (Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial).

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...