Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Sekab Andi Widjajanto kemungkinan Digeser dari Kabinet Jokowi

Sekab Andi Widjajanto kemungkinan Digeser dari Kabinet Jokowi

Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto
Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto

Semua pihak masih menunggu keputusan Presiden Jokowi yang akan melakukan reshuffle kabinet pada hari ini. Mencuat kabar perombakan kabinet itu akan diumumkan setelah pelantikan Rano Karno sebagai Gubernur Banten  siang hari ini. Sejumlah nama menteri masuk dalam daftar yang akan direposisi, antara lain, Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno, Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menperindag Rachmad Gobel , dan Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto.

Khusus nama yang terakhir besar kemungkinan akan digantikan oleh  Politikus PDIP Pramono Anung. Tidak diperoleh informasi kemana Andi Wihajanto akan ditempatkan setelah perombakan itu.

Andi dipilih menjadi Sekretaris Kabinet sejak Oktober 2014. Sejak awal tahun, ia menjadi sorotan karena dianggap tak berkinerja baik. Andi disoroti karena dinilai tidak memberi informasi memadai pada Jokowi misalnya dalam hal tunjangan mobil dinas.

PDI Perjuangan, penyokong utama Presiden Jokowi merupakan partai yang vokal menyerang Andi. Pantauan Tempo di kantor Setkab, foto Andi Widjajanto sejak pagi sudah dipajang di dinding foto deretan mantan Sekretaris Kabinet.

Presiden dijadwalkan akan mengumumkan reshuffle kabinet hari ini pukul 14.30 WIB di Istana Negara. Semalam, Presiden memanggil sejumlah menteri ke Istana Merdeka. Empat menteri yang dipanggil Jokowi antara lain termasuk Tedjo Eddy Purdjiatno‎.

Ada pula Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, dan Menteri Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago. Selain itu, ikut dipanggil Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

Pertemuan itu ditengarai pembahasan akhir perombakan kabinet. Wacana ini muncul sejak awal tahun. Pengamat hingga kelompok relawan pendukung Jokowi, bahkan mendatangi kantor Dewan Pertimbangan Presiden pada Rabu, 5 Agustus 2015 untuk menyampaikan masukan atas kinerja Kabinet Kerja.

Adapun Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Tedjo Edhi Purdijatno mulai berpamitan kepada koleganya di Kementerian. Setelah sepuluh bulan menjabat menteri, Tedjo harus melepaskan jabatan karena adanya reshuffle kabinet.

Perombakan kabinet atau reshuffle itu rencanakan diumumkan Presiden Joko Widodo hari ini. “Sehubungan berakhirnya jabatan saya selaku Menko Polhukam, saya mohon diri dan mohon maaf atas khilaf dan salah,” katanya lewat pesan berantai, Rabu, 12 Agustus 2015.

Tedjo juga menyampaikan rasa terima kasih karena mendapat dukungan selama menjadi menteri. “Terima kasih atas segala dukungan dan kerjasama selama saya menjabat. Semoga Allah SWT selalu melimpahkan hidayah kepada kita semua. Amin. Tedjo Edhi Purdijatno.” – Tem/Trib

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...